Breaking News

Kata Munarman FPI: Semua Ditembak dari Jarak Dekat, Tepat ke Jantung Para Syuhada


Pada jenazah enam laskar Front Pembela Islam (FPI) pengawal Habib Rizieq Shihab yang tewas, ditemukan sejumlah luka diduga bekas tembusan peluru.

Hal itu disampaikan Sekretaris Umum FPI Munarman melalui keterangan tertulisnya, Rabu (9/12/2020).

“Pada seluruh jenazah syuhada terdapat lebih dari satu lubang peluru,” kata dia dilansir PojokSatu.id dari JPNN.com.

Munarman juga menyebut bahwa luka yang terdapat di tubuh para laskar FPI itu memiliki kemiripan.

Berdasarkan hasil analisis tim FPI, sambungnya, luka di jenazah laskar FPI itu mayoritas mengarah ke jantung.

“Tembakan terhadap para syuhada tersebut memiliki kesamaan sasaran, yaitu semua tembakan mengarah ke jantung para syuhada,” katanya lagi.

Munarman menduga, bekas luka yang terdapat di tubuh para laskar FPI setelah tejadi penembakan jarak dekat.

Hal itu setelah ahli dari FPI turut memeriksa kondisi jenazah saat proses pemandian.

“Dilihat dari bekas tembakan, menurut pendapat ahli yang hadir dalam pemandian jenazah, bahwa para syuhada ditembak dari jarak dekat,” ujar dia.

Masih mengacu pendapat ahli tadi, Munarman menduga tembakan jarak dekat dilakukan dari depan, bagian dada, dan arah belakang para laskar.

“Bahwa menurut ahli yang hadir dalam pemandian jenazah, tembakan ke arah jantung para syuhada tersebut ada yang dilakukan dari depan, bagian dada dan ada yang dilakukan dari belakang,” ujar Munarman.

Selanjutnya, kata Munarman, sebagian besar tubuh para laskar FPI ini ditemukan tanda yang diduga bekas penganiayaan.

Munarman tidak memerinci temuan tanda bekas penganiayaan itu di bagian tubuh yang mana.

“Untuk sementara lima poin itu dahulu yang bisa disampaikan terkait kondisi fisik jenazah para syuhada,” tandasnya.

Sementara, Divisi Propam Mabes Polri mulai melakukan investigasi terkait kebenaran baku tembak antara polisi dengan enam laskar FPI.

Investigasi itu akan dimulai dari insiden saat anggota melakukan aksi bela diri hingga terjadi baku tembak kedua kelompok.

“Propam sedang menginvestigasi anggota apakah sudah seusai dengan Perkap terkait penggunaan kekuatan,” kata Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo saat dikonfirmasi, Rabu (9/12/2020).

Menurut Ferdy, dalam Perkap Nomor 8 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsip dan Standar Hak Asasi Manusia dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia telah diatur penggunaan kekuatan oleh anggota Polri.

Bila dalam investigasi itu terbukti ada pelanggaran, maka pihaknya akan menyampaikan kasus itu secara transparan ke publik.

“Kami itu memang bertugas mengecek penggunaan kekuatan sudah sesuai Perkap atau belum. Kalau sesuai penggunaan kekuatannya berdasarkan Perkap akan disampaikan secara transparan,” ungkap dia.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Sekretaris Umum FPI Munarman
Kata Munarman FPI: Semua Ditembak dari Jarak Dekat, Tepat ke Jantung Para Syuhada Kata Munarman FPI: Semua Ditembak dari Jarak Dekat, Tepat ke Jantung Para Syuhada Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar