Breaking News

Tolak Saran Polisi, Habib Rizieq Bakal Tes Swab Sendiri


Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto mengatakan, Pimpinan FPI Rizieq Shihab akan menjalani tes swab sendiri.

Hal itu dilakukan pasca Habib Rizieq menolak saran pihaknya untuk melakukan tes swab.

"Iya (menolak), mereka mau melaksanakan (swab) sendiri," kata Heru di Petamburan, Jakarta Pusat, Minggu (22/11/2020).

Heru menjelaskan bahwa Babinkamtibmas dan Babinsa mendatangi kediaman Habib Rizieq pada Sabtu (21/11) malam semata-mata hanya ingin memastikan informasi yang menyebutkan bahwa yang bersangkutan positif Covid-19.

Di sisi lain, kedatangan mereka juga sekaligus menyarankan Habib Rizieq untuk melakukan tes swab.

"Seorang Babinsa dan Babinkamtibmas itu kan mengecek warganya yang sakit dan siapa tahu butuh pertolongan. Makanya kita datang ke sana menanyakan," ujar Heru.

Kendati begitu, perwakilan dari keluarga Habib Rizieq menolak kedatangan Babinkantibmas dan Babinsa.

Ketika itu, dalih mereka menolak lantaran Habib Rizieq tengah beristirahat.

"Karena ada info sakit, kalau memang sakit silakan bawa periksa, infonya kan Habib (Rizieq) Covid, ya silakan di-swab," katanya.

Terpisah, Sekretaris Bantuan Hukum DPP Front Pembela Islam (FPI), Aziz Yanuar mengklaim bahwa Habib Rizieq Shihab hingga kekinian dalam keadaan sehat.

Dia juga meminta aparat kepolisian atau pemerintah tidak perlu mengistimewakan Habib Rizieq dengan menyarankan untuk melakukan swab.

Terlebih, menurutnya FPI memiliki tim medis sendiri yakni Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) dan Hilal Merah Indonesia (HILMI).

"Beliau sehat wal afiat, bugar, dan untuk swab dan lain-lain itu kami ada tim dari HILMI dan MER C. Jadi pemerintah tidak perlu repot dan mengistimewakan HRS dan FPI," kata Azis.

Meski begitu, saat ditanya apakah Habib Rizieq telah menjalani tes swab, Aziz enggan berbicara banyak. Dia mengklaim tidak mengetahui hal itu.

"Saya tidak tahu," katanya.

Tak Bisa Ditemui

Aparat kepolisian, bersama TNI dan Satpol PP sebelumnya mendatangi kediaman Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu (21/11) malam.

Maksud kedatangannya, yakni menyarankan Habib Rizieq agar menjalani tes swab.

Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Kompol Margiyono menuturkan pihaknya mendatangi kediaman Habib Rizieq sekira pukul 22.00 WIB.

Namun yang bersangkutan tidak bisa ditemui dengan alasan sedang istirahat.

"Beliau (perwakilan keluarga) menyampaikan bahwa kami tidak bisa bertemu langsung dengan Pak Habib," kata Margiyono kepada wartawan, Sabtu (21/11/2020) malam.

Margiyono menjelaskan, maksud awal kehadirannya menyambangi kediaman Habib Rizieq yakni untuk mengkonfirmasi kabar bahwa yang bersangkutan sedang sakit.

Karena patut diduga dan dikhawatirkan bahwa yang bersangkutan terjangkit Covid-19 pasca menghadiri acara yang mengundang kerumunan massa.

"Kami sarankan untuk dites swab. Tadi dari pihak itu (perwakilan keluarga Habib Rizieq) ada sedikit 'oh nggak pak, nggak bukan'," kata dia.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Habib Rizieq Shihab (HRS) (tengah) tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). [ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal]
Tolak Saran Polisi, Habib Rizieq Bakal Tes Swab Sendiri Tolak Saran Polisi, Habib Rizieq Bakal Tes Swab Sendiri Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar