Breaking News

Soal Tuduhan Dugaan Korupsi Anies, Refly Harun: Kalau Tak Ada Data, Ini Pembunuhan Karakter


Refly Harun menanggapi pemberitaan soal aksi unjuk rasa yang ditujukan pada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam aksi demo yang berlangsung beberapa hari yang lalu itu, diketahui massa mendesak agar Anies Baswedan ditangkap atas tudingan adanya dugaan pelanggaran protokol kesehatan dan korupsi.

Soal tuduhan tindak pidana korupsi yang dilayangkan pada Anies Baswedan, Refly Harun angkat bicara.

"Siapapun yang memang melakukan tindak pidana korupsi memang harus diproses, entah itu oleh kepolisian, kejaksaan maupun KPK," kata Refly Harun sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Refly Harun pada Minggu 29 November 2020.

Namun dalam konteks dugaan tindak pidana korupsi yang ditujukan pada seseorang, Refly Harun menyebut harus adanya bukti kuat yang bisa dilampirkan saat membuat laporan.

"Tapi nggak boleh dibuat-buat, apalagi belum ada bukti permulaan yang cukup," ujarnya.

"Kalau ada pengaduan, mungkin pengaduan itu disampaikan saja, berkas-berkasnya pada kepolisian untuk mencari data," tutur Refly Harun.

Jika pelapor tak mampu menunjukkan bukti sebelum menjatuhkan dugaannya, maka Refly Harun menyebut itu adalah pembunuhan karakter.

"Tapi kalau tidak ada data hanya isu saja hanya analisis saja wah ini pembunuhan karakater namanya," ucap Refly.

Tindakan seperti itulah yang berpotensi menjerumuskan seseorang pada perbuatan curang seperti fitnah.

"Jangan sampai pejabat bekerja secara baik-baik secara benar tapi sikap dasar kita tidak suka maka kemudian cenderung kita membuat sebuah statement yang justru bisa dianggap sebagai menghina memfitnah," ungkapnya.

Namun Refly Harun tak menepis jika dalam tuduhan tersebut suatu saat ditemukan bukti, maka dia mendukung agar pihak berwenang segera memprosesnya.

"Saya setuju memang kalau ada bukti yang kuat semua harus diproses kalau memang ada tindak korupsi yang dilakukan Anies Baswedan sama seperti dilakukan Edhy Prabowo," kata Refly.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Pakar hukum tata negara Refly Harun: Refly Harun komentari tuduhan dugaan korupsi yang ditujukan pada Anies Baswedan. /Tangkap layar youtube.com/Refly Harun
Soal Tuduhan Dugaan Korupsi Anies, Refly Harun: Kalau Tak Ada Data, Ini Pembunuhan Karakter Soal Tuduhan Dugaan Korupsi Anies, Refly Harun: Kalau Tak Ada Data, Ini Pembunuhan Karakter Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar