Breaking News

MUI Persilakan Warga Temui Habib Rizieq Shihab dan Patuhi Prokes


Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mempersilakan warga yang hendak menemui pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat.

Abbas mengingatkan agar protokol kesehatan diterapkan sebab Indonesia belum bebas dari pandemi Covid-19.

"Silakan silaturahmi dengan habib dilakukan karena kerinduan yang sudah lama kepada beliau tapi tolong jarak tetap dijaga dan masker kalau bisa face shield tetap dipakai agar kegembiraan tidak berujung duka," kata Abbas dalam keterangannya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (11/11).

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan Habib Rizieq Shihab wajib menjalankan isolasi mandiri guna mengantisipasi penyebaran virus corona begitu pulang dari Arab Saudi.

Wiku berkata isolasi mandiri merupakan keharusan bagi setiap orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Langkah ini ditempuh demi mencegah penularan Covid-19.

Kedatangan Habib Rizieq sebelumnya sempat menjadi sorotan karena dinilai berpotensi menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Selain kerumunan, pertemuannya dengan sejumlah tokoh juga dikritik seiring permintaan agar Habib Rizieq semestinya menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Anggota Komisi B DPRD DKI dari Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak meminta Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengevaluasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai bertemu Habib Rizieq pada Selasa (10/11) malam.

Dia menilai Anies telah melanggar aturan Pemerintah Daerah DKI Jakarta tentang aturan penanggulangan Covid-19, mengingat Habib Rizieq mestinya harus menjalani isolasi mandiri sebelum bertemu orang lain.

Gilbert khawatir, sikap Anies justru akan menjadi preseden buruk bagi warga DKI dalam mentaati aturan protokol kesehatan pemerintah. Aturan-aturan yang selama ini dibangun dikhawatirkan tak lagi memiliki kekuatan di tengah masyarakat bila perilaku Anies itu dibiarkan atau tidak mendapat sanksi sebagaimana ditetapkan pemerintah.

"Saya sih mendorong hal ini seharusnya disikapi oleh Kemendagri dinilai dan dievaluasi," kata Gilbert saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (11/11).

Sementara itu, hingga sehari pasca kepulangannya, sejumlah tokoh terus berdatangan menemui Habib Rizieq di kediamannya. Pendiri Partai Ummat, Amien Rais juga terlihat bertandang ke kediaman Habib Rizieq di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Amien lebih dari satu jam bertemu Habib Rizieq di Petamburan sebelum terlihat keluar sekitar pukul 15.00 WIB dengan penjagaan ketat.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Pemimpin FPI Rizieq Shihab disambut massa di Petamburan, Jakarta Pusat, Selasa (10/11). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
MUI Persilakan Warga Temui Habib Rizieq Shihab dan Patuhi Prokes MUI Persilakan Warga Temui Habib Rizieq Shihab dan Patuhi Prokes Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar