Breaking News

Polri Pegang Bukti Kasus Asabri Berupa Audit Internal


Polri mengklaim penyidik memiliki bukti aktivitas di PT Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri) bakal memicu kerugian keuangan negara.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono menjelaskan bukti itu didapatkan usai penyidik melakukan audit internal di perusahaan tersebut.

"Penyidik telah menemukan barang bukti berupa hasil audit internal terkait kegiatan yang dilakukan PT Asabri yang dimungkinkan akan berakibat terkait kerugian negara," kata Awi kepada wartawan di Mabes Polri, Rabu (11/11).

Namun demikian, Awi belum menjelaskan secara rinci mengenai bukti yang dimiliki aparat tersebut. Selain itu, belum diketahui pasti juga terkait kronologi ataupun modus penyelewengan dana yang terjadi di Asabri.

Pihaknya juga belum mengetahui secara pasti nilai kerugian keuangan negara akibat tindak pidana korupsi yang dilakukan itu. Kata dia, penyidik masih menunggu hasil audit dari Badan Pemeriska Keuangan (BPK) RI.

"Jadi kami masih menunggu, tim masih bekerja nanti bagaimana hasilnya terkait kerugian negara itu akan kami sampaikan," ucapnya lagi.

Sebelumnya, Awi menjelaskan bahwa penyidik bakal menggunakan pasal sangkaan dalam Undang-undang Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Setidaknya, ada tiga laporan polisi (LP) yang menjadi dasar penyelidikan kasus tersebut.

Polisi mendalami dugaan pelanggaran dalam Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana korupsi dan Pasal 3 dan atau Pasal 4 atau Pasal 5 Undang-undang nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP.

Berdasarkan hasil investigasi, penyimpangan dan penyelewengan keuangan (fraud) ditemukan terjadi dalam periode 2012 hingga 2019 di perusahaan pelat merah itu.

"(Fraud) 2012 hingga 2019 yang kami selidiki," katanya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ilustrasi Asabri. (Foto: CNN Indonesia/ Safir Makki)
Polri Pegang Bukti Kasus Asabri Berupa Audit Internal Polri Pegang Bukti Kasus Asabri Berupa Audit Internal Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar