Breaking News

Siap-Siap! Partai Umat Akan Gerus Pemilih PKB, PKS dan PPP


Pengamat politik Pangi Syarwi Cinago memprediksi Partai Ummat besutan Amien Rais akan merebut pemilih partai Islam.

Pangi melihat Partai Ummat akan menyasar pemilih dari kalangan umat Islam. Partai ini akan berebut pemilih dengan partai berbasis Islam, seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan Bangsa (PKB).

“Maka Pak Amien Rais akan bertarung berkontestasi untuk mengambil simpati pemilih partai Islam, seperti PKB, PPP, PKS. Itu saya lihat dari Mukadimahnya sangat kental nilai Islamnya,” jelasnya saat dihubungi PojokSatu.id di Jakarta, Sabtu (3/10/2020).

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Research itu, partai berbasis nasionalis tidak akan terganggu dengan kehadiran Partai Ummat.

“Justru partai nasionalis akan merasa tidak terganggu,” ujarnya.

Kendati demikian, Pangi memprediksi Partai Umat tidak akan mudah lolos ke ambang batas parlemen atau parliamentary threshold.

“Ini tantangan yang berat dan tidak mudah kalau pada level mendirikan partai. Terdaftar di KPU, Menkumham, oke, mungkin bisa dilalui,” ucapnya.

“Tapi, kalau untuk lolos di ambang batas parlemen butuh kemahiran sendiri dan itu tidak mudah,” lanjutnya.

Dengan melihat kontestasi pemilu pada tahun 2019, Pangi menyebut banyak partai baru tidak lolos ke DPR, seperti PSI, Perindo, Partai Berkarya, Partai Garuda.
 
“Tidak mudah bagi partai baru untuk bisa lolos di ambang batas Parlemen. Buktinya, pada pemilu tahun 2019 tak ada partai baru yang lolos ke DPR. Seperti PSI, Perindo, partai berkarya dan Garuda dan lain-lain,” jelasnya.

Source: pojoksatu
Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Amien Rais/Net
Siap-Siap! Partai Umat Akan Gerus Pemilih PKB, PKS dan PPP Siap-Siap! Partai Umat Akan Gerus Pemilih PKB, PKS dan PPP Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar