Breaking News

Indonesia Masuk Top 10 ‘Tukang Utang’, Iwan Sumule: Kalau Kata Jokowi, Masih Lebih Baik Dari Negara Lain


Data mengejutkan dikeluarkan Bank Dunia (World Bank) tentang daftar 10 besar negara berpendapatan rendah dan menengah dengan utang luar negeri (ULN) terbesar. Di mana nama Indonesia ikut masuk di dalamnya.
 
Berdasarkan laporan bertajuk International Debt Statistics 2021, Indonesia berada di posisi ke-6 negara berpendapatan rendah menengah dengan utang besar. Negara lainnya adalah Argentina, Brasil, India, Meksiko, Afrika Selatan, Thailand, Turki, dan Rusia.

Data ini turut dikomentari Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule. Menurutnya, data ini menjadi gambaran bagaimana Indonesia dikelola selama ini.

“Apalagi yang mau didebat dari fakta ini, ‘Top 10’,” sindirnya kepada redaksi, Kamis (15/10).

Iwan Sumule hanya memprediksi bahwa pemerintah akan berkilah dengan baik. Setidaknya, pemerintah akan mengatakan bahwa kondisi Indonesia masih lebih baik ketimbang negara lain yang berada di peringkat lebih bawah.

Kondisi serupa dilakukan saat pemerintah memberi gambaran mengenai sebaran virus corona di tanah air. Di mana selalu disebutkan bahwa kondisi Indonesia lebih baik ketimbang negara lain. Begitu juga dalam mengatasi dampak ekonominya.

“Suka tidak suka, Pak Jokowi ada benarnya juga. Kalau kata dia, RI lebih baik dibanding negara lain (9 negara, red). Iya nggak sih?” sindirnya.

Source: rmol
Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule/Net
Indonesia Masuk Top 10 ‘Tukang Utang’, Iwan Sumule: Kalau Kata Jokowi, Masih Lebih Baik Dari Negara Lain Indonesia Masuk Top 10 ‘Tukang Utang’, Iwan Sumule: Kalau Kata Jokowi, Masih Lebih Baik Dari Negara Lain Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar