Breaking News

Cerita Ambulans yang Dibukakan Jalan di Demo Hong Kong dan Thailand


Ambulans mendapatkan posisi yang sulit dalam demonstrasi, hal ini tampak dari demonstrasi Pilpres 2019 dan demo UU Cipta Kerja. Sedangkan di Hong Kong dan Thailand, ambulans dihargai dengan diberi jalan.

Hal ini tampak, misalnya dalam demonstrasi di Thailand yang meminta Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha mundur. Demonstrasi ini sudah berlangsung hampir dua pekan.

Para pengunjuk rasa berkumpul di pusat kota Bangkok pada 15 Oktober menyerukan pengunduran diri perdana menteri negara itu setelah dekrit darurat disahkan yang secara efektif melarang protes.

Polisi juga menangkap para pemimpin protes dan sekitar 20 pengunjuk rasa setelah mengeluarkan keputusan tersebut. Para pemimpin tersebut menghadapi tuduhan mengatur demonstrasi, menurut Bangkok Post.

Seperti dilansir Storyful, ada video yang menunjukkan kerumunan besar demonstran yang membelah diri untuk memberi jalan untuk ambulans. Tangkapan video ini viral di media sosial. Bahkan salah satu tangkapan layarnya diunggah oleh aktivis Hong Kong, Joshua Wong dalam cuitannya.

Pada Juni 2019, hal yang mirip juga pernah terjadi. Sejumlah demonstran yang diklaim mencapai 2 juta orang membanjiri jalanan Hong Kong pada Minggu (16/6/2019) waktu setempat. Saat itu, mereka memprotes rancangan undang-undang (RUU) ekstradisi dan menuntut mundur pemimpin Hong Kong, Carrie Lam.

Salah satu jalan yang 'tertutup' massa adalah Harcourt Road dekat Central Government Complex. Lautan massa itu lalu 'terbelah' ketika para demonstran membuka jalur bagi sebuah ambulans yang lewat.

Seperti dilansir The Straits Times, Senin (17/6/2019), video momen itu ramai beredar di Twitter dan Facebook. Media lokal menyebut ambulans itu dipanggil sekitar pukul 21.00 waktu setempat setelah ada demonstran yang pingsan.

Anggota parlemen Hong Kong, Raymond Chan juga mengunggah video serupa di Causeway Bay. Video itu menunjukkan para demonstran menunggu dengan sabar saat ambulans sedang melintas di antara mereka.

"Warga Hong Kong adalah pengunjuk rasa paling tertib di dunia. Mereka membuka jalan hanya dalam beberapa detik untuk ambulans di Causeway Bay," tulisnya di Twitter.

Source: detik
Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Demonstran di Hong Kong buka jalan untuk ambulans (HECTOR RETAMAL / AFP)
Cerita Ambulans yang Dibukakan Jalan di Demo Hong Kong dan Thailand Cerita Ambulans yang Dibukakan Jalan di Demo Hong Kong dan Thailand Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar