Breaking News

KAMI Jabar Deklarasi Pekan Depan di Bandung, Undang Gubernur


Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) memastikan akan menyelenggarakan Gebyar Deklarasi KAMI Jawa Barat (Jabar) pada Senin (7/9). Deklarasi serupa sebelumnya digelar di Jakarta pada 18 Agustus 2020 lalu.

Ketua Panitia Deklarasi KAMI Jabar Harry Mulyana membenarkan kegiatan deklarasi tersebut. Acara akan dipusatkan di sekitaran Kota Bandung.

"Ya, betul tanggal 7 September. Untuk tempat nanti dua hari sebelumnya akan kami beritahu lagi," kata Harry saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (3/9).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kegiatan deklarasi nanti akan dihadiri oleh 70 organisasi kemasyarakatan dan komunitas serta perwakilan KAMI kota/kabupaten di Jabar.

Acara akan berlangsung di Balai Sartika Bandung. Panitia menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun. Peserta yang hadir juga 50 persen dari kapasitas gedung.

Harry membenarkan pihaknya juga mengundang kehadiran sejumlah tokoh di Jabar. Di antaranya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Kapolda Jabar, Pangdam III/Siliwangi, Kepala Kajati, serta pimpinan/rektor perguruan tinggi.

Kemudian, pimpinan organisasi masyarakat (ormas) seperti MUI Jabar, NU, Muhamadiyah, Persis, Syarikat Islam, pimpinan PGI, Mawi, ormas pemuda dan mahasiswa lintas generasi.

"Kita mengundang semua tokoh di Jabar, mulai dari gubernur, kapolda dan yang lainnya. Undangannya pihak humas yang kirimkan," ujarnya.

Selain itu, Harry menyebutkan pihaknya juga menyelenggarakan live streaming, sehingga bisa diikuti oleh masyarakat umum melalui internet. Beberapa Diaspora asal Jabar di luar negeri juga berkeinginan untuk mengikuti acara tersebut.

"Mudah-mudahan diikuti berbagai komunitas nelayan, buruh, kelompok pemulung menyanyi di tempat mereka masing-masing," katanya.

Harry sedikit membocorkan struktur kepengurusan KAMI Jabar. Terdapat lima orang presidium dan perangkat lain seperti dewan pengaping (penasihat). Posisi tersebut bisa diisi tokoh Jabar, ulama, purnawirawan serta akademisi.

"Di samping lima orang presidium yakni Radhar Tribaskoro, M. Rizal Fadillah, Syafril Sjofyan, Erry Nirbaya dan Robi Win Kadir," ujarnya.

Selain pembacaan artikel jati diri dan maklumat KAMI, Harry menuturkan panitia juga akan menyiapkan pembacaan maklumat Jabar. Salah satu poinnya adalah, menolak keras pemanfaatan kekayaan sumber daya alam (SDA) Jabar kepada asing.

Selain itu, mendorong pemerintah mengembalikan pengolahan SDA kepada potensi Jabar sendiri untuk sepenuhnya bagi kesejahteraan rakyat Jabar.

"Intinya acara nanti bicara kebangsaan. Sebuah kegiatan moral, menyampaikan buah pikiran kita menyampaikan ke pemerintah. Pesannya mulai dari berbagai bidang, seperti ekonomi dan ketahanan pangan," tuturnya.

Partner Sindikasi Konten: cnnindonesia
Diterbitkan: oposisicerdas.com
Editor: Windha Pramitasari
Foto: KAMI Jawa Barat akan mendeklarasikan diri di Bandung, Senin (7/9). Ilustrasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
KAMI Jabar Deklarasi Pekan Depan di Bandung, Undang Gubernur KAMI Jabar Deklarasi Pekan Depan di Bandung, Undang Gubernur Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar