Breaking News

Faisal Basri Tuding Hilirisasi Nikel Untungkan Investor China


Ekonom senior Faisal Basri menilai kebijakan hilirisasi pertambangan untuk komoditas nikel menguntungkan perusahaan smelter asal China yang berinvestasi di Indonesia. Keuntungan terjadi karena kebijakan itu membuat harga ore nikel di dalam negeri anjlok.

Tetapi, setelah diolah oleh smelter dan diekspor nilainya menjadi dua kali lipat. Hal ini lah yang membuat perusahaan asal China berbondong-bondong membangun smelter di Indonesia ketimbang di negaranya.

"Di pasar internasional US$40 (per ton) di Indonesia cuma US$20. Karena dilarang ekspor maka perusahaan-perusahaan smelter dari China itu pindah ke Indonesia 3 tahun mereka bangun smelter di Indonesia sudah break event point (BEP) dan untung puluhan triliun," ujarnya dalam diskusi virtual yang digelar Indef, Kamis (3/9).

Sayangnya di tengah keuntungan besar yang didapat investor itu, nilai tambah smelter bagi ekonomi dalam negeri belum besar. Hal itu terjadi karena pengawasan  kepatuhan dan aturan pajak di dalam negeri belum begitu ketat. 

Alhasil pemasukan dan penerimaan ke negara dari industri tambang dan lainnya masih kecil. Ia mencontohkan, di Indonesia perusahaan tambang lokal diwajibkan membayar bea ekspor dan royalti, tetapi tidak untuk pengusaha smelter.

Di samping itu laba jumbo yang didapat perusahaan smelter juga terjadi karena mereka tak dikenakan berbagai pajak seperti PPN (Pajak Pertambahan Nilai) serta bea masuk barang modal seperti mesin.

Pekerja yang didatangkan dari China pun ia tuding memakai visa turis bukan visa pekerja, sehingga terbebaskan dari PPh (Pajak Penghasilan) perseorangan.

"BKF sudah tahu ini tapi ada menko yang lain. Kita tahu ini ada di bawah Menko Maritim dan Investasi. Inilah yang harus kita jamin hingga reformasi perpajakan kita bisa dapat puluhan triliun dana segar hanya dari nikel," tuturnya.

Partner Sindikasi Konten: cnnindonesia
Diterbitkan: oposisicerdas.com
Editor: Windha Pramitasari
Foto: Faisal Basri menyebut kebijakan hilirisasi nikel untungkan investor China. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Faisal Basri Tuding Hilirisasi Nikel Untungkan Investor China Faisal Basri Tuding Hilirisasi Nikel Untungkan Investor China Reviewed by Admin on Rating: 5

Tidak ada komentar