Breaking News

Sumatera Mati Listrik, Publik Bandingkan Sikap Jokowi: Pas 2019 Jawa Blackout Ngamuk


Pemadaman listrik serentak terjadi di Pulau Sumatera sejak kemarin, Selasa 6 Juni 2024. Sejumlah provinsi yakni, Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu, Sumatera Barat dan Riau mengalami pemadaman listrik.

Hingga hari ini, Rabu (5/6/2024), pemadaman listrik masih terjadi di sejumlah tempat. Pihak PLN mengaku bahwa terjadi gangguan jaringan transmisi di Pulau Sumatera.

Pemadaman terjadi karena ada gangguan di transmisi SUTT Linggau-Lahat yang mengakibatkan sejumlah wilayah mengalami pemadaman listrik.

"Pelanggan yang terhormat, PT PLN (Persero) tengah bergerak cepat mengatasi gangguan kelistrikan yang terjadi pada sejumlah jaringan transmisi di Pulau Sumatera," tulis PLN dikutip dari Instagram @plnriaukepri.

PLN mengaku pihaknya telah menerjunkan personelnya untuk segera memulihkan kembali sistem kelistrikan.

Sementara itu PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar masih mencari penyebab utama padamnya listrik secara total atau blackout yang menimpa sekitar 600 ribu pelanggan di wilayah tersebut.

"Kejadiannya masih dalam investigasi. Padamnya listrik ini dimulai Selasa (4/6/2024) pukul 10.57 WIB di jalur transmisi Lahat-Lubuk Linggau dan ini sedang dilakukan inspeksi," kata General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho dikutip dari Antara.

Eric menyebutkan terdapat sekitar 90 kilometer jalur yang disusuri secara detail atau terdiri dari 300 tower yang sedang dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui secara pasti penyebab padamnya aliran listrik.

Hingga Selasa (4/6/2024) malam, PLN sudah memeriksa 270 tower, namun belum berhasil menemukan penyebab utama.
Dari pemeriksaan yang dilakukan petugas di lapangan, PLN baru menemukan penyebab minor seperti tower yang berdekatan dengan pohon, jamperan yang terputus dan lainnya. Namun, hal itu belum bisa dipastikan sebagai penyebab utama.

"Tadi malam itu tidak bisa kita tuntaskan seluruhnya karena terhalang visibilitas akibat kondisi yang gelap," kata dia.

Kondisi yang dialami masyarakat di Sumatera jadi sorotan publik di platform media sosial. Salah satu akun manifes di X unggah kembali kejadi serupa pada 2019 yang terjadi di Jawa dan Bali.

Pada 4 Agustus 2019 pukul 11:50 WIB sejumlah wilayah di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan sebagian Jawa Tengah dan sekitarnya mengalami mati listrik yang berdampak kepada 21 juta pelanggan.

Saat itu, wilayah yang terkena mati listrik di antaranya Jakarta, Yogyakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur hingga Jawa Tengah.

Di Jawa Barat, wilayah yang terkena pemadaman listrik adalah Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi, dan Bogor. Di Banten, wilayah yang terkena pemadaman listrik adalah Cilegon.

Saat itu, Presiden Jokowi sampai mendatangi kantor PLN dan memberikan teguran keras. Jokowi kala itu berikan teguran keras kepada Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani.

PLN awalnya menjelaskan blackout di Jawa pada 2019 akibat gangguan pada gas turbin 1 sampai 6 di PLTU Suralaya dan gangguan lainnya di Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon. Namun kemudian, PLT meralat pernyataannya itu.

PLN saat itu menerangkan blackout di Jawa terjadi akibat adanya gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV yang berujung pada transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan.

Sikap Jokowi ini yang kemudian dibandikan netizen di kondisi Sumatera sekarang.

"ini pemerintah pusat ga mau ngasih tanggapan apa2 soal mati lampu di hampir seluruh kota di pulau sumatera? apa karena bukan pulau jawa? udah hari ke-2 loh ini, masih ada daerah yg mati lampu, dlu aja smpe marah2 ke PLN pas mati lmpu di jawa," keluh salah satu pengguna X.

"Ade gue di bulian jambi juga ngalamin. Kesian tiap hari mati lampu, mana lagi hamil sendirian karena ditinggal kerja suaminya. Gaada sinyal soalnya jd internetan juga gabisaa," sambung akun lainnya.

"Lampung Tengah masih mati sejak kemarin siang hingga sekarang belum menyala, otw 2 hari kah @pln_123," tulis netizen.

Sumber: suara
Foto: Jokowi saat menyampaikan arahan dalam sidang kabinet paripurna, di Istana Negara tanggal 18 Juni 2020. [Sekretariat Presiden]
Sumatera Mati Listrik, Publik Bandingkan Sikap Jokowi: Pas 2019 Jawa Blackout Ngamuk Sumatera Mati Listrik, Publik Bandingkan Sikap Jokowi: Pas 2019 Jawa Blackout Ngamuk Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar