Breaking News

Robby Purba Viralkan Sekuriti, Apa Hukumnya Memutus Rezeki Orang Lain


Robby Purba meminta maaf kepada warganet dan Nasarius sekuriti dari vendor K9 yang dipecat usai dugaan perlakuan penyiksaan anjing di Plaza Indonesia.

Robby Purba membuat video permintaan maafnya dengan raut wajah menyesal. Sebab Nasarius jadi kehilangan mata pencahariannya gara-gara Robby Purba mengunggah ulang video dugaan penyiksaan itu tanpa pengecekkan fakta sebenarnya hingga viral.

Dalam Islam, apa yang dilakukan oleh Robby Purba adalah mengambil hak orang lain berupa pekerjaan. Tindakan Robby Purba adalah sebuah larangan dalam Islam. Hal ini seperti tercantum dalam Surah Al-Baqarah ayat 188 yang artinya:

"Janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada para hakim dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui."

Menurut tafsir Fi Zhilalil Quran karya Sayyid Qutbh, Ibnu Katsir meriwatkan lalu menafsirkan bila Ali bin Thalhah dan Ibnu Abbas berkata,

"Hal ini berkenaan dengan seseorang yang menanggung suatu harta, tetapi tidak ada alat bukti, lalu dia berusaha mengelak dan membawanya kepada hakim, padahal dia tahu bahwa dia yang harus bertanggung jawab dan dia tahu pula bahwa dialah yang berdosa karena memakan harta yang haram (karena bukan haknya)”.

Tak hanya di Al-Quran, sejumlah riwayat hadist pun membahas tentang mengambil hak orang lain. Seperti hadist shahih Bukhari dan Muslim yang meriwayatkan dari Ummu Salamah MA, bila Rasulullah SAW bersabda,

"Sesungguhnya aku hanya seorang manusia biasa. Maka, boleh jadi sebagian kamu lebih pandai mengemukakan argumentasinya daripada sebagian yang lain, sehingga aku memenangkannya. Maka, barangsiapa yang aku putuskan untuknya untuk mendapatkan hak orang muslim lainnya (sesuai argumentasi yang dikemukakannya), itu adalah sepotong api neraka, maka biarlah ia membawanya atau meninggalkannya."

Sementara itu hadist shahih Muslim juga meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda,

"Siapapun yang mengambil hak orang muslim dengan sumpahnya, Allah menentukan neraka baginya. Lalu, mengharamkan surga baginya."

Lalu ada seorang lelaki yang bertanya, "Walaupun hal tersebut merupakan hal yang sangat sederhana wahai Rasulullah?" Kemudian Rasulullah menjawab: "Walaupun itu sebatang kayu syiwa dari pohon arak."

Sumber: suara
Foto: Robby Purba. (Instagram/robbypurba)
Robby Purba Viralkan Sekuriti, Apa Hukumnya Memutus Rezeki Orang Lain Robby Purba Viralkan Sekuriti, Apa Hukumnya Memutus Rezeki Orang Lain Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar