Breaking News

PDIP Berpeluang Besar Dukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta, tapi...


Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Eriko Sotarduga menilai peluang PDIP mengusung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024 masih dihitung. Ia mengatakan dalam politik segala kemungkinan bisa terjadi. 

"Dalam politik benar, yang tidak mungkin hanya menghidupkan orang mati, apa saja masih memungkinkan. Tetapi ini kan harus dihitung betul. Nah, inilah yang sedang kami hitung betul, bahwa peluang itu ada yes, tapi apakah itu pasti terjadi," kata Eriko di Komplek Parlemen, Senayan, Senin (10/6/2024). 

Kendati begitu, Eriko menyampaikan, pihakmya akan terlebih dahulu melakukan survei. Pasalnya, hasil hitungan masyarakat dengan hitungan partai belum tentu sama. 

"Soal kalkulasi politik tentu. Tadi kan sudah saya sampaikan hitungan, 'Oh kalau ini bersama-sama dengan ini secara matematika unggul, betul. Tapi apakah seperti itu, apakah hitungan politik matematikanya sama dengan pilihan rakyat. Ini kan belum tentu, harus disurvei, pertama itu," katanya. 

"Temen-temen media kan tadi bilang begitu, bagaimana dengan Pak Anies wakilnya dari PDI Perjuangan, ya kan? Ibu Tri Risma lah dulu, Mas Andika, apakah itu wajar? Nah ini kan harus dihitung dengan betul. Kalau tadi misalnya antara Pak Anies dengan Pak Charles Honoris, itu mungkin masih wajar, antara secara usia atau apa, masih ini. Nah dengan namanya Pak Pramono Anung, yang sudah disampaikan Pak Sekjen, apakah wajar Pak Pramono Anung menjadi wakil? Kan itu kan yang berkembang saat ini," sambungnya. 

Untuk itu, ia menilai perhitungan sangat penting dilakukan. Sebab untuk Pilgub Jakarta 2024 di PDIP sendiri banyak nama yang muncul. 

"Jadi benar-benar ini masih dihitung untuk Jakarta karena calon-calonnya itu memang mempuni. Ada Bu Tri Risma, ada Mas Andika, ada Ahok. Nah Ahok, Pak Ahok, Pak Basuki Tjahaja Purnama secara aturan kan kemungkinan tidak bisa kan karena beliau sudah pernah jadi gubernur, kan begitu, dan masa yang kemarin bersaing kemudian ini bersama-sama, ya bukan tidak mungkin tapi secara hukumnya itu kecil sekali karena tidak dimungkinkan," pungkasnya.

Anies Dilirik PDIP

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) bidang Politik, Puan Maharani sebelumnya mengakui jika nama Anies Baswedan menarik bagi partainya untuk didukung di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Hal itu disampaikan Puan Maharani usai ditanya awak media mengenai peluang PDIP mengusung Anies di Pilgub Jakarta.

"Menarik juga Pak Anies," kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Saat ditanya apakah PDIP akan memilih figur internal atau eksternal untuk Pilgub Jakarta, Puan mengaku partainya akan realistis.

"Ya harus realistis, gimana melihat situasi di lapangan karena setiap daerah itu wilayahnya berbeda-beda, kira-kira peluangnya ada di wilayah mana," ujar Puan.

Sumber: suara
Foto: Anies Baswedan (tengah) saat diapit oleh Ketum Partai NasDem Surya Paloh (kiri) dan Jusuf Kalla (kanan). [Twitter]
PDIP Berpeluang Besar Dukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta, tapi... PDIP Berpeluang Besar Dukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta, tapi... Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar