Breaking News

Luhut Ungkap Perintah Jokowi Ke Pertamina Caplok Perusahaan Asing Di Brasil


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap perintah rencana ekspansi dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni Pertamina dan Bulog. Kedua perusahaan ini bakal memperluas bisnisnya hingga ke luar negeri.

Luhut mengatakan, Pertamina sedang mengkaji rencana untuk akuisisi perusahaan asal Brasil. Hal ini dilakukan demi memenuhi rencana mengganti bahan bakar bensin ke bioetanol.

Hal ini disampaikan Luhut dalam sambutannya di peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 HIPMI di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2024).

"Presiden tadi juga sudah memutuskan nanti Pertamina akan akuisisi perusahaan sekarang lagi due diligence di Brasil untuk mengambil perusahaan yang bisa mensuplai gula dan juga etanol," ungkap Luhut.

Menurut Luhut, proyeksi mengganti bensin dengan bioetanol sangat penting sekarang ini. Apalagi bioetanol juga merupakan salah satu solusi untuk menjadikan gas buang kendaraan bermotor lebih ramah lingkungan.

"Sehingga karena cuaca yang jelek ini, air pollution yang sangat tinggi di Jakarta, kita akan ganti bensin itu dengan secara bertahap bioetanol dan juga menurunkan sulfur kita dari 500 sampai mungkin 50 atau 60," terangnya.

"Nah ini saya kira dalam tiga tahun, dua tahun ke depan kita akan bisa capai. Nah sehingga nanti Pertamina memiliki sumber energi dan sumber gula di Brasil, itu akan membuat ketahanan energi kita bagus," lanjutnya menambahkan.

Sementara, Bulog disebutnya akan mengakuisisi berbagai sumber beras di Kamboja. Saat ini pihak Bulog sedang melakukan pengkajian yang mendalam.

"Bulog akan akuisisi beberapa sumber beras di Kamboja. Presiden tadi sudah memerintahkan saya untuk kita tindaklanjut. Dan sudah memang ditindaklanjutin, sekarang tinggal kita melakukan due diligence," pungkasnya.

Sumber: suara
Foto: Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan di gedung DPR RI, Rabu (5/6/2024). (Suara.com/Bagaskara)
Luhut Ungkap Perintah Jokowi Ke Pertamina Caplok Perusahaan Asing Di Brasil Luhut Ungkap Perintah Jokowi Ke Pertamina Caplok Perusahaan Asing Di Brasil Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar