Breaking News

Demo Tolak Tapera, Ribuan Buruh Juga Tuntut UKT Dicabut


Ribuan buruh dari berbagai elemen memadati ruas Jalan Medan Merdeka Barat, dalam aksinya mereka menyampaikan empat tuntutan. Di antaranya soal Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Adapun elemen buruh yang ikut melakukn aksi hari ini yakni KSPI, KPBI, KSBSI, KSPSI AGN, dan organisasi lainnya.

Presiden Partai Buruh, Said Ibal mengatakan, dalam aksi kaum buruh saat ini memiliki empat tuntutan, diantaraya membatalkan PP Nomor 21 tahun 2024 tentang Tapera.

“Kami meminta di depan istana agar Bapak Presiden Jokowi mencabut PP nomor 21 tahun 2024 tersebut,” kata Iqbal, di Parung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2024).

Iqbal mengatakan, jika pemerintah tidak segera mencabut kebijakan tersebut, pihaknya tidak akan segan melakukan aksi yang lebih besar. Bahkan bukan hanya di Jakarta, namun seluruh wilayah Indonesia.

“Bilamana ini tidak dicabut, maka akan dilakukan aksi yang lebih meluas di seluruh Indonesia dan melibatkan komponen masyarakat yang lebih luas,” ujarnya.

Selain soal Tapera, tuntutan dalam aksi hari ini yakni soal Permendikbud tentang UKT agar segera dicabut.

Tuntutan kaum buruh juga meminta pemerintah agar mencabut PP terkait Kamar Rawat Inap Stantar (Kris) dari BPJS Kesehatan.

“Dan tentunya kami juga meminta Omnibuslaw Cipta Kerja dicabut khususnya terkait dengan kluster ketenagakerjaan dan perlindungan petani. lingkungan hidup juga terkait didalamnya,” jelas Said.

Sumber: suara
Foto: Demo buruh tolak Tapera di Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Suara.com/Faqih)
Demo Tolak Tapera, Ribuan Buruh Juga Tuntut UKT Dicabut Demo Tolak Tapera, Ribuan Buruh Juga Tuntut UKT Dicabut Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar