Breaking News

4 Fakta Terkait Fenomena Awan Berlubang Viral di Jember, Pertanda Apa?


Warga Jember sempat dibuat heboh dengan kemunculan awan berlubang pada hari Selasa, 4 Juni 2024 lalu. Berikut rangkuman fakta-fakta fenomena awan berlubang di Jember.

Fenomena yang kemudian menjadi viral itu tentu menimbulkan berbagai spekulasi dari mereka yang melihatnya langsung maupun melalui media sosial. Namun, apa sebenarnya penyebab fenomena awan berlubang? Berikut informasinya.

Fakta-fakta Terkait Fenomena Awan Berlubang di Jember

Penampakan awan berlubang terlihat di langit Jember, tepatnya Kecamatan Kaliwates. Meski sempat menimbulkan kekhawatiran, BMKG menjelaskan bahwa ini merupakan fenomena yang bisa dijelaskan secara ilmiah.

1. Lebih Jelas Melalui Pesawat

Awan berlubang ini memiliki bentuk seperti celah pada awan. Biasanya, fenomena ini terjadi di lapisan awan altocumulus, diikuti oleh cirrocumulus dan kemudian stratocumulus.

Lubang pada awan ini akan lebih jelas jika dilihat melalui pesawat terbang ketika melewati lapisan kumuliform yang tipis dan memicu glasial.

Glasial akan membuat partikel awan yang berubah menjadi tetesan air membentuk es. Proses inilah yang menciptakan celah di awan.

"Bentuk sepertic elah pada awan tu paling sering ditemukan di lapisann awal altocumulus, diikuti oleh cirrocumulus lalu kemudian stratocumulus," ungkap Hukama Nur Akmal selak Forecaste BMKG Banyuwangi

2. Disebut Awan Cavum

Dalam dunia sains, lubang pada awan ini disebut awan cavum. Awan cavum dapat ditemukan di antara tiga jenis awan, yakni cirrocumulus, altocumulus, dan stratocumulus.

Meskipun terlihat unik, bahkan membuat beberapa orang ketakutan, fenomena ini tidak membahayakan lingkungan sekitarnya.

3. Terbentuk karena Perbedaan Tekanan Udara

Hukmana Nur Akmal menyatakan bahwa fenomena langit berlubang disebabkan oleh perbedaan tekanan udara di ketinggian di bawah 2000 meter di atas permukaan laut.

Meskipun bisa menyebabkan turbulensi pesawat udara, fenomena ini tidak membahayakan.

4. Pengingat Alam

Jika dilihat sekilas, Anda mungkin menyadari bahwa bentuk lubang awan di Jember menyerupai liang kubur sehingga menciptakan kesan yang menyeramkan.

Namun, tenang saja, fenomena alam ini tidaklah berbahaya. Meski begitu, tak ada salahnya untuk menggunakannya sebagai pengingat supaya lebih dekat pada pemilik alam.

Demikian informasi mengenai fakta-fakta seputar awan berlubang yang terjadi di Jember

Sumber: suara
Foto: Fakta-fakta terkait fenomena awan berlubang di Jember (Instagram)
4 Fakta Terkait Fenomena Awan Berlubang Viral di Jember, Pertanda Apa? 4 Fakta Terkait Fenomena Awan Berlubang Viral di Jember, Pertanda Apa? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar