Breaking News

Yohana Gracia Naomi, Pemilik Skripsi yang Diplagiasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang


Profil singkat perempuan bernama Yohana Gracia Naomi akan diulas dalam artikel ini.

Diketahui nama Yohana Gracia Naomi tengah jadi sorotan pasca mengungkap jika skripsi miliknya di plagiasi oleh orang lain.

Ternyata orang yang melakukan plagiasi terhadap skripsi milik Yohana Gracia Naomi terungkap mahasiswa fakultas hukum Universitas Muhammadiyah Palembang.

Sosok terduga pelaku plagiasi tersebut pun diketahui bernama Devi Sri Astuti.

Penelusuran Kilat.com dari laman PDDikti, Yohana Gracia Naomi atau yang biasa dipanggol Naomi merupakan lulusan Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang.

Dirinya masuk sebagai mahasiswa baru pada tahun 2017 dan tamat tahun 2021 dari fakultas hukum Unsri Kampus Indralaya.

Diketahui juga, bahwa Yohana Gracia Naomi berasal dari SMA Negeri 17 Palembang.

Selesai mengenyam pendidikan di Unsri, Yohana Gracia Naomi pun sempat menimbah ilmu Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) di Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) tahun 2021.

Kemudian ia pun kembali melanjutka pendidikan di Institut Tekhnologi Bandung (ITB) jurusan Master Of Busines Administration tahun 2022-2023.

Ditelusuri di Linkedin ternyata Yohana Gracia Naomi pun memilki sejumlah gelar kehormatan dan penghargaan.

Di antaranya yakni :

- Speaker for How to Win People Trust National Webinar by Prakerja yang Dikeluarkan oleh Prakerja November 2022.

- Facilitator for Bakrie Institute National Webinar titled, Pentingnya Pendidikan Dasar dan Tinggi dalam Upaya Memutus Rantai Putus Sekolah Dikeluarkan oleh Bakrie Foundation September 2022.

- Kemudian Speaker on Sharing Session ALSA Study Plan Guideline #2 yang dikeluarkan oleh ALSA Local Chapter Universitas Sriwijaya Januari 2021.

- Finalis Bujang Gadis Fakultas Hukum UNSRI tahun 2019.

-1st Awardee Best Prosecutor Mooting Class ALSA LC Universitas Sriwijaya tahun 2017.

- Juara I Bussiness Plan RAFATECH UIN Raden Fatah Palembang tahun 2017.

- 3rd Place Solo Singing Competition PESPARAWI GEREJAWI 2011.

Plagiasi skripsi yang dilakukan oleh Devi Sri Astuti, dibongkar langsung oleh Yohana Gracia Naomi melui cuitanya di X pribadi dengan akun @wahkerensih.

Dalam cuitannya, Naomi menyandingkan dua skripsi dari miliknya serta milik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang yang diduga plagiat hasil dari tugas akhirnya tersebut.

"BANGKEEEEE SKRIPSI S1 GUE DIPLAGIAT PLEK KETIPLEK SAMA ANAK HUKUM UNIV MUHAMMADIYAH PALEMBANG HADEH @UMPCenter," ungkapnya.
Yang membuatnya tidak terima terhadap tindakan plagiasi yang dilakukan oleh Devi Sri Astuti ini, karena skripsi tersebut dibuat Yohana Gracia Naomi dengan susah payah.

Apalagi, saat pengerjaan dan proses penyelesaiannya, ibu dari Yohana Gracia Naomi tengah sakit-sakitan namun masih tetap berusaha mengantar dirinya bimbingan.

"Tega banget mbak sampai plek ketiplek plagiatin skripsi saya. Saya perjuangin loh itu dengan kerja keras," tutur Naomi.

"Mamah lagi sakit kanker pada saat itu. Saya bolak balik ke rumah dosen saya dari rumah sakit untuk bimbingan. Kalau memang ga punya hati, minimal punya adab dan otak," pungkasnya.(*)

Sumber: kilat
Foto: Yohana gracia naomi pemilik skripsi yang di plagiasi oleh mahasiwa universitas muhammadiyah palembang (kolase Unsri.ac.id)
Yohana Gracia Naomi, Pemilik Skripsi yang Diplagiasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Yohana Gracia Naomi, Pemilik Skripsi yang Diplagiasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar