Breaking News

Yakini Musik Haram, 4 Musisi Ini Memilih Pensiun


Di Tanah Air, perdebatan hukum musik haram atau halal dalam pandangan Islam kembali mengemuka. Salah satu pemantiknya adalah ceramah Ustaz Adi Hidayat (UAH) ihwal hukum musik yang dipotong dan viral di media sosial.

Persoalan hukum musik ini juga memengaruhi para musisi di Indonesia. Bahkan, banyak di antara mereka yang memilih pensiun karena meyakini musik mutlak haram.

Mereka yang meninggalkan musik bukan musisi kaleng-kaleng. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Uki eks NOAH

Siapa yang tak kenal Uki, mantan gitaris band NOAH. Memiliki nama lengkap Mohammad Kautsar Hikmat, Uki memilih cabut dari NOAH usai meyakini musik haram.

Butuh waktu tiga tahun bagi Uki mencari tahu apa yang dianggap benar terkait hukum musik. Pencariannya ini dimulai ketika dia mulai merasa resah ketika dia dan band tampil di klub yang identik dengan berbagai kemaksiatan, termasuk minuman keras (miras).


"Tapi setiap mencari apa yang mereka halalkan tuh selalu bertabrakan dengan logika. Dalam arti ketika mereka banyak pendapatnya contohnya burung itu adalah alat musik, dan segala macam, tapi kita sebagai musisi kalau ke toko musik kita nggak cari burung. Secara logika kita musisi dan penjual alat musik pun banyak yang nggak masuk," kata Uki dalam video yang sempat viral.

Sampai akhirnya, Uki bertemu dengan Ustaz Syafiq Riza Basalamah di dalam pesawat. Perkenalan mereka kemudian membawa Uki datang ke Jember, tempat sang ustaz mengajar.

Sampai akhirnya, Uki memilih yakin dengan pendapat ustaz yang menghukumi musik haram.

2. Andri Lemes eks Rumahsakit

Memiliki nama lengkap Andri Ashari, Andri Lemes memilih hengkang dari Rumahsakit. Rumahsakit adalah band indie pop yang cukup terkenal di era 90-an. Andri sendiri sebagai vokalis di band asal Jakarta tersebut.

Andri Lemes mulai meragukan bahwa musik itu halal setelah ikut kajian dengan pemateri Ustaz Yazid Jawas. Dia juga membaca beberapa buku yang mengangkat bahwa musik adalah haram.

"Saya ketemu bukunya Ustaz Yazid yang Hukum Lagu, Musik dan Nasyid (berisi hukum musik itu haram), ya udah saya beli aja. Alhamdulillah halaman pertama isinya langsung dalil-dalil," kata Andri saat ikuti kajian di Jakarta.

3. Alfi Chaniago eks The Upstairs

Pembetot bass The Upstairs, Alfi Chaniago putuskan hijrah dan benar-benar meninggalkan musik. Dia cabut dari band The Upstairs yang dikomandani Jimi Multazham.

Keputusannya hengkang dari sana membuat banyak pihak terkejut. Apalagi, The Upstairs lagi berada di puncak popularitas waktu itu.

"Ada Islam yang main qasidah, ada juga Islam yang nggak main qasidah. Tapi setelah gue pelajarin, menurut keyakinan hati gue yang bener itu ya kalau ingin berdakwah yang berhasil itu ya seperti cara nabi gitu lho," kata Alfi.

4. Beni Adhiantoro eks The Upstairs

Beni adalah personel lain The Upstairs yang juga keluar karena meyakini musik haram. Jimi dalam sebuah wawancara sebenarnya sudah lama mengendus ketidaksukaan Beni dengan musik.

"Gelagat ini sudah mulai terbaca oleh gue dalam beberapa bulan terakhir Beni mendalami agama," kata Jimi.

Sumber: suara
Foto: Uki NOAH [Instagram]
Yakini Musik Haram, 4 Musisi Ini Memilih Pensiun Yakini Musik Haram, 4 Musisi Ini Memilih Pensiun Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar