Breaking News

Viral! Bukan Bea Cukai, Petugas Ekspedisi Unboxing Mainan Megatron Milik Medy Renaldy, Bukti Videonya Tersebar!


Viral, petugas ekspedisi ketahuan unboxing mainan Megatron Medy Renaldy yang sempat tertahan di bea cukai.

Seperti diketahui, YouTuber Medy Renaldy mengungkap kekecewaan setelah paket mainannya rusak saat dikirim pihak bea cukai.

Kemasan yang dia terima tampak rusak dan ada koin megatron yang hilang, diduga diambil pihak tertentu.

Awalnya ada dugaan paket mainan robot seharga USD899 atau setara Rp14.4 juta itu dibuka paksa oleh petugas Bea Cukai.

Tak terima dituding merusak paket mainan tersebut, Stafsus Kemenkeu Yustinus Prastowo akhirnya mengatakan mainan Megatron itu di-unboxing oleh petugas dari jasa ekspedisi DHL.

Dalam pengakuan Prastowo, unboxing memang ditemani oleh pihak bea cukai.

Hal ini bertujuan untuk mengamati jenis dan dimensi barang untuk keperluan mencari referensi harga.

Video tersebut memperlihatkan pihak DHL membuka paket megatron milik YouTuber Medy.

"Dilakukan dengan hati-hati. Petugas BC (yang duduk di depan komputer) hanya mengamati jenis dan dimensi barang untuk keperluan mencari referensi harga," kata Prastowo.

Karena itu, dia menyebutkan bahwa tuduhan mengenai petugas bea cuka lakukan unboxing terhadap mainan milik Medy Renaldy itu tidaklah benar.

Dan melihat kebenarannya, Medy Renaldy sudah diundang pihak DHL untuk melihat langsung video tersebut dengan saksi dari pihak Bea Cukai.

"Kami mengucapkan terima kasih untuk perhatian, saran, masukan yang diberikan. Mohon maaf pula atas kekurangan dalam memberikan pelayanan," sambungnya.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kemenkeu juga menjelaskan bahwa pemeriksaan fisik barang kiriman bukan resmi Bea Cukai.

Tetapi hal itu diberikan izin kepada perusahaan jasa titipan (PJT) seperti DHL. Dan barang kiriman yang masuk juga diperiksa oleh X-ray.

Jika barang tersebut aman, maka akan diteruskan ke jalur hijau tanpa memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara barang yang diperkirakan memerlukan pemeriksaan lanjutan akan diteruskan ke jalur merah untuk diverifikasi seperti dokumen dan barang. (*)

Sumber: kilat
Foto: Viral! Bukan Bea Cukai, Petugas Ekspedisi Unboxing Mainan Megatron Milik Medy Renaldy, Bukti Videonya Tersebar! (Twitter @prastow)
Viral! Bukan Bea Cukai, Petugas Ekspedisi Unboxing Mainan Megatron Milik Medy Renaldy, Bukti Videonya Tersebar! Viral! Bukan Bea Cukai, Petugas Ekspedisi Unboxing Mainan Megatron Milik Medy Renaldy, Bukti Videonya Tersebar! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar