Breaking News

Penampakan Rumah Rp 4,5 M Milik SYL Yang Disita KPK Di Makassar


Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita rumah senilai Rp 4,5 miliar milik mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Rumah itu berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut rumah tersebut berada di Makassar dan penyitaan dilaksanakan pada Senin Rabu (15/5/2024).

"Penyitaan aset yang diduga milik tersangka SYL berupa satu unit rumah yang berada wilayah Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Diperkirakan nilai dari rumah tersebut sekitar Rp4,5 Miliar dan sumber uangnya dari MH selaku orang kepercayaan tersangka dimaksud," kata Ali lewat keteranganya, Kamis (16/5/2024).

Ali menyebut, Tim Aset Tracing dari Direktorat Pelacakan Aset Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi KPK akan terus melaksanakan penulusuran, guna mendukung pengumpulan alat bukti.

"Diharapkan sitaan ini dapat menjadi asset recovery dalam putusan pengadilan nantinya," kata Ali.

Berdasarkan foto penyitaan yang dikirmkan KPK, rumah SYL ini memiliki ukuran yang cukup luas dan bergaya mewah, dengan nuansa serba putih.

Penampakan rumah Syahrul Yasin Limpo atau SYL yang disita KPK di Makassar. (dok. KPK)

SYL, ditetapkan sebagai tersangka bersama Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Muhammad Hatta, dan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono.

Ketiganya diduga melakukan korupsi berupa pemerasan dalam jabatan bersama-sama menyalahgunakan kekuasaan dengan memaksa memberikan sesuatu untuk proses lelang jabatan, termasuk ikut serta dalam pengadaan barang dan jasa, disertai penerimaan gratifikasi.

SYL selaku menteri saat itu, memerintahkan Hatta dan Kasdi menarik setoran senilai USD 4.000-10.000 atau dirupiahkan Rp 62,8 juta sampai Rp 157,1 juta (Rp 15.710 per dolar AS pada 11 Oktober 2023) setiap bulan dari pejabat unit eselon I dan eselon II di Kementan.

Uang itu berasal dari dari realisasi anggaran Kementan yang di-mark up atau digelembungkan, serta setoran dari vendor yang mendapatkan proyek.

Kasus korupsi yang menjerat Syahrul terjadi dalam rentang waktu 2020-2023. Dalam dakwaan Jaksa KPK saat persidangan SYL disebut melakukan korupsi sebesar Rp 44,5 miliar.

Sumber: suara
Foto: Penampakan rumah Syahrul Yasin Limpo atau SYL yang disita KPK di Makassar. (dok. KPK)
Penampakan Rumah Rp 4,5 M Milik SYL Yang Disita KPK Di Makassar Penampakan Rumah Rp 4,5 M Milik SYL Yang Disita KPK Di Makassar Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar