Breaking News

'Om Albert' Dianggap Manipulatif, Beda Pernyataan antara YouTuber Korea dan Asri Damuna


YouTuber Korea Selatan, Jiah, menuai simpati dari netizen Indonesia dalam beberapa hari terakhir. Usai memberikan klarifikasi karena dituduh menggoda Jiah, 'Om Albert' dianggap manipulatif oleh netizen.

Perlu diketahui, sebuah video viral menampilkan YouTuber Korea diajak ke hotel oleh sosok pria bernama 'Om Albert'. Padahal, Albert dan Jiah baru berkenalan di sebuah restoran.

Berdasarkan utas viral, sosok 'Om Albert' ternyata bernama asli Asri Damuna. Pria ini menjabat sebagai Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara. Kementerian Perhubungan langsung membebastugaskan Asri Damuna usai video viral itu menjadi perbincangan publik.

"Dapat kami sampaikan bahwa saat ini yang bersangkutan (Asri Damuna) sudah dibebastugaskan untuk dapat dilakukan pemeriksaan oleh pejabat berwenang di Kemenhub. Jika terbukti ada hal-hal yang dilanggar, baik secara peraturan maupun etika sebagai ASN, maka akan diterapkan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku," bunyi keterangan tertulis dari Kementerian Perhubungan RI.

Asri Damuna akhirnya memberikan klarifikasi ke publik untuk menanggapi videonya yang viral. ASN Kemenhub yang baru dibebastugaskan ini menjelaskan bahwa ia tidak mempunyai niat buruk. Asri Damuna bahkan tidak melarang apabila Jiah ingin ke hotel.

Menurut 'Om Albert', YouTuber Korea saat itu yang mengajaknya bergabung untuk makan. Ia bahkan menceritakan momen saat Jiah menepuk pundak dan memujinya sebagai om yang baik.

"Itu mampir ke hotel (maksudnya), kan dia dipersilakan, kalau mau ke hotel aku boleh, saya tidak larang dia. Mampir ke hotel itu artinya tidak ada larangan. Tidak ada unsur negatifnya. Tidak ada itu (unsur menggoda). Saya cuma kalau mau ke hotel silahkan. Kan kita tidak melarang, soalnya dia sudah baik dengan kita. Bahkan dia sampai nepuk saya, pas tidak ada siaran, om baik, om baik," kata Asri Damuna dalam tayangan di tvOne dikutip dari YouTube tvOneNews, Jumat (11/05/2024).

Video klarifikasi Om Albert viral setelah diunggah kembali oleh netizen di X. Melalui video YouTube berjudul "MENJADI TEMAN DENGAN PARA OM | KE BUNAKEN DARI MANADO", Jiah saat itu justru diajak makan bersama dua pria yang mengaku bernama Alex dan Albert. "Boleh gabung sini?" ucap salah seorang pria di dalam video.

Jiah turut menjelaskan dalam kolom komentar YouTube bahwa dua pria itu kemungkinan mempunyai sifat tidak baik. "Albert bilang setelah matikan kamera saya, tidur sebentar di hotel dan pergi. Barulah saat itu saya tahu mereka tidak baik. Harusnya saya lebih berhati-hati," ungkap Jiah.

Youtuber asal Korea Selatan, Jiah. [Tangkapan Layar]

Pernyataan Albert dan Jiah sangat berbeda. Albert atau Asri mengklaim Jiah yang mengajaknya makan pertama kali, sementara Jiah justru berpendapat sebaliknya. Albert turut mengklaim, dirinya tidak memaksa Jiah untuk ke hotel. Netizen lantas menilai bahwa 'Om Albert' manipulatif.

"Manipulatif banget anj**, Jiah-nya konfirm kalau pas kamera mati dia tetap kekeuh ngajak ke hotel," tulis @k**na*eth.

"Halah pak, cuci tangan mulu. Sudah jelas-jelas pertanyaannya lo menjurus ke situ. Harus ada mutasi sih, eh pecat sekalian aja," cuit @mor**vs.

Awal Mula YouTuber Jiah Viral

Melalui video yang diunggah pada 6 Mei, YouTuber bernama Jiah menceritakan pengalaman dari Manado ke Pulau Bunaken. Postingan video memperlihatkan Jiah yang sedang menikmati kuliner pada sebuah restoran di Manado.

Ia bertemu dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) asal Kendari, Sulawesi Tenggara. Kedua pria itu lantas menghampiri Jiah dan makan bersama. Mereka berbincang mengenai kuliner khas daerah hingga tempat wisata yang harus dikunjungi di Indonesia.


Tak disangka, pria yang mengaku bernama Albert justru membuat YouTuber Korea merasa risih dan canggung. Bagaimana tidak, pria berkepala botak itu menawari Jiah untuk mampir ke hotel.

"Mampir ke hotel boleh," ucap Albert setengah berbisik. Jiah diam sejenak sembari menikmati es Brenebon, hidangan kacang merah khas Indonesia Timur.

"Hmm? Tapi jam 2 ada perahu ke Bunaken," jawab Jiah untuk menolak secara halus.

Melalui postingan video saat Alex dan Albert sudah pergi, Jiah mengungkap bahwa perilaku tersebut tidak sopan. Meski begitu, Jiah menganggap bahwa tak semua pria di Indonesia seperti itu.

Sumber: suara
Foto: Pria Indonesia diduga menggoda YouTuber cantik asal Korea Selatan. (YouTube JIAH)
'Om Albert' Dianggap Manipulatif, Beda Pernyataan antara YouTuber Korea dan Asri Damuna 'Om Albert' Dianggap Manipulatif, Beda Pernyataan antara YouTuber Korea dan Asri Damuna Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar