Breaking News

Modus Devi Sri Astuti Kelabui Dosen Pembimbing Agar Skripsi Tak Terdeteksi Plagiasi, Ternyata?


Nama Devi Sri Astuti mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang kini mulai melambung.

Akan tetapi bukan karena prestasi dirinya sebagai mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang, melainkan Devi Sri Astuti diduga melakukan plagiasi dalam pembuatan skripsi.

Universitas Muhammadiyah Palembang pun kini tengah melakukan investigasi atas dugaan plagiasi skripsi yang dilakukan oleh Devi Sri Astuti.

Bahkan jika nanti terbukti benar adanya dugaan tersebut, Universitas Muhammadiyah Palembang bakal memberikan sanksi tegas kepada Devi Sri Astuti.

Hal ini viral, lantaran pemilik asli skripsi atas nama Naomi angkat biccara di aplikasi X, yang menyebut bahwa skripsi miliknya yang terbit ditahun 2021 sama persis dengan skripsi milik Devi yang terbit di tahun 2024.

Dalam cuitannya, Naomi menyandingkan dua skripsi dari miliknya serta milik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang yang diduga plagiat hasil dari tugas akhirnya tersebut.

Lalu kenapa skripsi Devi bisa lolos dari pantauan dosen pembimbing, padahal itu adalah hasil plagiasi?

Ternyata ada bagian-bagian skripsi asli yang diplagiasi diubah oleh Devi Sri Astuti.

Hal itu ditunjukan oleh Naomi dalam cuitannya, yang ternyata Devi mengubah huruf dengan simbol tertentu, sehingga tulisannya bisa lolos turnitin.

"Liat deh guys, ternyata sama dia diganti hurufnya pake simbol tertentu makanya (mungkin) lolos turnitin," ungkap Naomi pada akun @wahkerensih.

"Ini gw bacanya pusing deh, hasil copy-nya jd berantakan gitu demi menghindari plagiarisme check," imbuhnya.

Merasa dirugikan karena skripsinya diplagiasi, Naomi pun melayangkan somasi ke Devi Sri Astuti, bahkan siap untuk menempuh jalur hukum.

Apalagi dalam pembuatan skripsi ini, dirinya harus berjuang keras karena sang ibu sedang mengalami sakit.

"Gue udah kirimkan surat somasi yah guys. Mohon doanya supaya prosesnya lancar," tukasny

"Jika dalam 30 hari @UMPCenter Universitas Muhammadiyah Palembang tidak mengindahkan somasi ini, gw akan tempuh jalur hukum lanjutan," pungkasnya. (*)

Sumber: kilat
Foto: Ternyata Begini Cara Devi Sri Astuti Agar Tak Ketahuan Plagiasi Skripsi. (Twitter @wahkerensih)
Modus Devi Sri Astuti Kelabui Dosen Pembimbing Agar Skripsi Tak Terdeteksi Plagiasi, Ternyata? Modus Devi Sri Astuti Kelabui Dosen Pembimbing Agar Skripsi Tak Terdeteksi Plagiasi, Ternyata? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar