Breaking News

Keluarga Vina Cirebon Tolak Hilangnya DPO! Minta Polisi Ungkap Identitas Pegi Setiawan Secara Transparan


Pihak keluarga Vina Cirebon didampingi kuasa hukum mengatakan keberatan terkait putusan Polda Jabar yang menyatakan dua DPO dihilangkan.

Polda Jabar telah menyebutkan bahwa hanya ada satu DPO yaitu, Pegi Setiawan yang ditangkap di Bandung terlibat di kasus pembunuhan Vina Cirebon dan Eky.

Hal ini diputuskan berdasarkan keterangan dari terpidana lainnya yang terlibat pembunuhan pada tahun 2016 lalu.

Pihak keluarga korban kasus pembunuhan Vina di Cirebon tidak terima polisi tiba-tiba menghapus dua orang tersisa dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Kuasa hukum keluarga Vina, Hotman Paris mengatakan, keputusan polisi ini menjadi bertolak belakang dengan keterangan narapidana lain yang menyatakan adanya tiga orang pelaku lain.

"Jadi prinsipnya, keluarga korban maupun kuasa hukum menolak pernyataan dari penyidik Polda Jabar bahwa dua DPO itu adalah fiktif," ujar Hotman Paris dalam konferensi pers, Rabu 29 Mei 2024.

"Terlalu cepat untuk mengatakan itu, kalau dikatakan belum tertangkap itu masih bisa dimaklumi. Tapi, kalau fiktif itu terlalu cepat," lanjutnya.

Hotman Paris pun mempertanyakan keabsahan putusan pengadilan terhadap para terdakwa pelaku pembunuhan Vina yang telah diadili sebelumnya.

Mengenai Pegi Setiawan, Hotman Paris juga berharap pihak kepolisian bisa transparan dalam mengungkap identitasnya.

"Pegi ini ditetapkan sebagai tersangka DPO sudah di-BAP dari enam orang terpidana, lima menyatakan bukan Pegi, hanya satu yang menyatakan Pegi," tutur Hotman.

"Artinya, lima lawan satu. Jadi, mana yang benar?" lanjutnya.

Kuasa hukum keluarga Vina lainnya, Putri Maya Rumanti juga berharap bisa kembali meneliti terkait pengungkapan kasus kliennya tersebut.

"Jangan terlalu tergesa-gesa menetapkan apa yang seharusnya diperiksa terlebih dahulu, karena ini kan sudah delapan tahun tidak pernah diproses," ucap Putri.

Dalam waktu yang singkat sudah bisa menetapkan satu tersangka, lalu menetapkan dua lagi tidak ada," lanjutnya.

"Kami sangat berharap untuk tetap diselidiki lagi apa benar atau tidak pelakunya apa ada atau tidak, jadi kita tidak bertanya-tanya," tandasnya. (*)

Sumber: kilat
Foto: Keluarga Vina Cirebon Tolak Hilangnya DPO! Minta Polisi Ungkap Identitas Pegi Setiawan Secara Transparan (Kolase TikTok @kingadellano dan Instagram @hotmanparisofficial)
Keluarga Vina Cirebon Tolak Hilangnya DPO! Minta Polisi Ungkap Identitas Pegi Setiawan Secara Transparan Keluarga Vina Cirebon Tolak Hilangnya DPO! Minta Polisi Ungkap Identitas Pegi Setiawan Secara Transparan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar