Breaking News

Desas-desus Partai Perubahan Indonesia Menghangat, Ada Hubungannya dengan Anies Baswedan?


Desas-desus Partai Perubahan Indonesia lahir usai Pilpres 2024 santer beredar di kalangan relawan pendukung Capres Anies Baswedan.

Pakar hukum tata negara Refly Harun melalui akun YouTube miliknya mengaku telah mendengar kabar mengenai Partai Perubahan Indonesia tersebut. Namun, dia belum bisa memastikan apakah itu benar atau tidak.

"Hari ini yang kita mendengar isu, tepatnya telah dibentuk PPI, Partai Perubahan Indonesia. Nah masalahnya apakah itu benar atau tidak itu yang jadi masalah," katanya dikutip, Rabu (1/5/2024).

Partai Perubahan Indonesia ini sudah santer berkembang di kalangan relawan Anies Baswedan, lengkap beserta logonya.

Refly Harun menyebut banyak relawan yang bertanya mengenai partai tersebut. Bahkan, beberapa menyatakan siap bergabung. Namun, sampai sekarang dia belum menerima informasi apapun mengenai partai tersebut, termasuk langkah politik Anies Baswedan setelah Pilpres.

"Yang jelas kalau dari keputusan Anies Baswedan belum ada rencana apa-apa. Anies mengatakan ingin rehat tapi entah dari mana ada isu tentang pembentukan partai perubahan Indonesia bahkan dengan logonya," katanya.

"Saya tidak bisa menjawab betul atau tidak barangkali ini baru usulan inisiatif dari sekelompok orang dan arahnya adalah agar Anies Baswedan membentuk partai politik," imbuhnya.

Terlepas dari itu, Refly Harun menyampaikan, ada beberapa pola membentuk partai. Pertama, didirikan oleh Anies Baswedan sendiri atau kedua dibentuk oleh relawan dan meminta mantan Gubernur DKI Jakarta itu untuk memimpinnya.

"Seperti Demokrat dulu yang membentuk bukan SBY (Susilo Bambang Yudhoyono). Sepanjang yang saya tahu yang membentuk adalah orang-orang yang loyal dengan SBY, yang ingin menjadikan SBY. Sama seperti Partai Sri yang dibentuk oleh orang-orang yang loyal sama Sri Mulyani dan berharap Sri Mulyani bisa dicalonkan sebagai presiden," katanya.

Menurut Refly Harun, tidak ada cara lain jika Anies Baswedan ingin tetap berpolitik tanpa menjadi bagian partai politik. Kecuali mantan Menteri Pendidikan itu ingin menjadi guru bangsa.

Akan tetapi Refly berkeyakinan Anies Baswedan tidak tertarik menjadi guru bangsa.

"Karena DNA-nya dia adalah bertarung di dalam medan politik, karena itu menurut saya kalau dia kembali menjadi rektor bahkan kalau harus memilih menjadi rektor sebuah kampus atau cagub DKI, dia memilih DKI," katanya.

Sumber: suara
Foto: Capres nomor urut 1, Anies Baswedan di DPP PKS, Selasa (23/4/2024). [Suara.com/Rakha]
Desas-desus Partai Perubahan Indonesia Menghangat, Ada Hubungannya dengan Anies Baswedan? Desas-desus Partai Perubahan Indonesia Menghangat, Ada Hubungannya dengan Anies Baswedan? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar