Breaking News

Anggy Umbara, Sutradara Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Penuh Kontroversi


Adegan film horor Vina: Sebelum 7 Hari tuai kontroversi meski belum satu pekan ada di bioskop. Pasalnya, publik menilai kalau ada beberapa adegan film yang dinilai tidak pantas ditayangkan, seperti saat pemerkosaan dan kekerasan seksual.

Film Vina: Sebelum 7 Hari bercerita tentang kisah nyata seorang perempuan bernama Vina, remaja berusia 16 tahun asal Cirebon yang ditemukan tewas korban pembantaian geng motor. Peristiwa yang terjadi pada 2016 itu diangkat ke layar lebar, setelah viral momen sahabat Vina mengalami kesurupan hanya selang beberapa hari jenazah perempuan kelahiran 2000 itu meninggal dunia.

Namun setelah tayang, film itu menuai kritik keras di media sosial lantaran penonton tidak nyaman dengan berbagai adegan yang seharusnya tidak ditayangkan, dari pemerkosaan hingga tindak kekerasan yang dialami pemeran Vina, yakni Nayla Purnama.

Sutradara film Vina: Sebelum 7 Hari pun turut jadi pembicaraan publik. Diketahui, film berdurasi 1 jam 40 menit itu disutradari oleh Anggy Umbara. Namanya sebagai sutradara sebenarnya sudah tak asing. Bahkan Anggy sering kali disandingkan dengan sutradara kondang lainnya seperti Joko Anwar karena sama-sama sering membuat film horor.

Berikut rangkuman profil singkat tentang Anggy Umbara.

Bakat menjadi sutradara rupanya didapatkan Anggy lewat mendiang ayahnya yang memiliki profesi serupa pada era 80-an. Ayahnya, Danu Umbara, dikenal sebagai sutradara yang sukses dengan film Lima Cewek Jagoan pada tahun 1980-an. Namun, ayahnya meninggal ketika Anggy masih berusia lima tahun.

Anggy Umbara (Instagram/anggy_umbara)

Diketahui, keluarganya saat itu telah memiliki perusahaan produksi Umbara Brothers Film yang kemudian dilanjutkan oleh ibunda Anggy, Nanny Iskandar. 

Setelah dewasa, pria kelahiran 1980 itu juga terjun ke industri film dengan mengawali Karier sebagai sutradara video klip musik dan menjadi disjoki dalam grup musik metal bernama Purgatory, memakai nama panggung D'Jackal.

Barulah pada 2012, Anggy mulai debut pertama sebagai sutradara film panjang pertamanya yang berjudul Mama Cake. Setelahnya, dia menggarap film Coboy Junior the Movie pada 2013, dan film ketiganya, Comic 8, pada tahun 2015 yang kemudian berhasil melahirkan dua sekuel. 

Pada tahun yang sama, Anggy juga menjadi sutradara dan penulis film 3: Alif Lam Mim, yang dinominasikan sebagai Penulis Skenario Asli Terbaik pada Festival Film Indonesia 2015 bersama saudara-saudaranya, Bounty Umbara dan Fajar Umbara.

Sumber: suara
Foto: Anggy Umbara (Instagram/@anggy_umbara)
Anggy Umbara, Sutradara Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Penuh Kontroversi Anggy Umbara, Sutradara Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Penuh Kontroversi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar