Breaking News

AKBP Bayu Suseno, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz yang Tegaskan Polri Pakai Penyebutan KKB dan Bukan OPM


Ini dia sosok AKBP Bayu Suseno yang menjelaskan tentang sikap Polri yang tetap menggunakan penyebutan KKB dibandingkan OPM (Organisasi Papua Merdeka).

Diketahui AKBP Bayu Suseno menjelaskan tentang sikap Polri tentang penyebutan KKB dan OPM terkait keputusan TNI akhir-akhir ini.

AKBP Bayu Suseno menjelaskan Polri akan tetap memakai penyebutan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) untuk disematkan pada kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) atau OPM.

Dikutip Kilat dari laman resmi Humas Polri, AKBP Bayu Suseno memberikan penjelasannya dalam keterangan tertulis.

“Terkait nomenklatur KKB dan OPM. Kami dari Polri sampai saat ini tetap menggunakan nomenklatur KKB bukan OPM,” kata Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Humas Operasi Damai Cartenz 2024 AKBP Bayu Suseno dalam keterangan tertulis, Rabu, 8 Mei 2024.

Dirinya menegaskan Mabes Polri melakukan pendekatan dengan penegakan hukum terhadap KKB Papua yang sering melakukan serangan ke aparat dan warga setempat.

Bayu mengungkapkan operasi yang dijalankan Polri berbeda dengan TNI yang menggunakan operasi militer.

Dalam kesempatan tersebut, Bayu Suseno menegaskan Kapolri Jenderal Listo Sigit Prabowo belum mengubah nomenklatur KKB menjadi OPM.

“Saya mendapat teguran dari Asop Kapolri saat penyerahan penghargaan di Polres Pegubin kemarin, saya membuat narasi adalah tentang keberhasilan dalam Pemberantasan KKB pada tahun 2023. Namun rekan-rekan (media) mengubah menjadi OPM,” ungkap Bayu.

Bayu juga meminta agar para pewarta mengikuti keputusan Polri untuk menggunakan penyebutan KKB dalam setiap pemberitaan yang dipublikasikan Satgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024.

“Mohon rekan-rekan media memahami hal itu, apabila kami mempublikasikan narasi KKB, jangan diubah menjadi OPM. Terima kasih atas kerjasamanya,” ujar Bayu.

AKBP Bayu Suseno sendiri kini mendapatkan tugas untuk menjadi Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Humas Operasi Damai Cartenz 2024.

Sebelumnya, Bayu sempat menjadi sorotan saat menjadi Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bengkayang pada Juli 2022.

Pria dengan nama lengkap AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H. tersebut memiliki karir yang cemerlang di kepolisian.

Sejumlah jabatan penting telah diembannya selama mengabdikan diri sepenuhnya di Polri.

Bahkan Bayu pernah menjabat sebagai Danyon B Satbrimob Polda Kalimantan Barat (Kalbar).

Dikutip Kilat dari akun LinkedIn miliknya, AKBP Bayu Suseno mengawali pendidikan di SMA Taruna Nusantara pada tahun 1995 hingga 1998.

Setelah lulus, dirinya langsung masuk secara cemerlang di Akademi Kepolisian pada tahun 1998.

Tak mau berhenti sampai di situ, Bayu melanjutkan pendidikannya di jenjang S1 di Universitas Satria Makassar pada tahun 2002 dengan mengambil jurusan hukum.

Dirinya lalu melanjutkan S2 di Universitas Semarang di jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia pada tahu 2010.

Namun sebelumnya dirinya sempat lulus dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian di Jurusan Pembinaan Keamanan.

Haus akan ilmu, Bayu kembali melanjutkan pendidikan S2 atau Magister di Universitas Slamet Riyadi Surakarta mengambil Pasca Sarjana Ilmu Hukum.

Di tahun 2015, lagi-lagi Bayu memilih untuk meneruskan pendidikannya dengan mengambil S3 di Ilmu Kepolisian di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian.

Bayu Suseno sempat bertugas di Polda Jawa Tengah.

Dirinya bahkan sempat menjadi konsultan keamanan di PT Sentra Nursa Persada yang berfokus pada pelayanan jasa keamanan dan penyediaan tenaga kerja.

Selain itu, dirinya juga sempat menjadi dosen Mata Kuliah Tindak Pidana Tertentu di STIK-PTIK.

Nama: Bayu Suseno

Agama: Islam

Pangkat: AKBP

Istri: Ny. Yuda Bayu (*)

Sumber: kilat
Foto: Potret AKBP Bayu Suseno. (LinkedIn/Bayu Suseno dan SPIT Humas Polri)
AKBP Bayu Suseno, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz yang Tegaskan Polri Pakai Penyebutan KKB dan Bukan OPM AKBP Bayu Suseno, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz yang Tegaskan Polri Pakai Penyebutan KKB dan Bukan OPM Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar