Breaking News

Pendeta Gilbert Lumoindong Akui Salah Bandingkan Nilai Zakat Umat Muslim dan Kristen


Pendeta Gilbert Lumoindong akhirnya klarifikasi terkait khotbangnya mengenai zakat dan salat umat Muslim yang viral di media sosial. Klarifikasi disampaikan  setelah dia dilaporkan atas dugaan penistaan agama ke Polda Metro Jaya.

Gilbert Lumoindong menegaskan kalau dia tak masalah dengan zakat umat Muslim yang sebesar 2,5 persen dalam khotbahnya. Ia bilang  hal itu hanyalah perkara perbedaan tanggung jawab antara umat Muslim dan Kristen.


"Buat saya sih nggak ada masalah (dengan zakat 2,5 persen). Buat saya, kalau pun itu terlontar dari hati saya biasa saja. Ada tanggung jawab yang berbeda, misalnya suami kepala rumah tangga dan istri menjadi ibu rumah tangga," kata Pendeta Gilbert Lumoindong dalam Youtube dr Richard Lee, Selasa (23/4/2024).

Kata dia, umat Muslim memiliki tanggung jawab membayar zakat 2,5 persen. Sedangkan, umat Kristen juga memiliki kepercayaan untuk bersedekah 10 persen.

Namun, Gilbert Lumoindong menegaskan ceramahnya tak bermaksud untuk mengolok-olok atau membandingkan besaran sedekah umat Muslim dan Kristen.

"Kekristenan percaya ada 10 persen, lalu saudara-saudara kita ada 2,5 persen. Biasa saja, nggak ada niat apapun dan tidak ada olok-olok," ujar Gilbert Lumoindon.

Meski begitu, Gilbert tetap meminta maaf bila perkataannya telah menyinggung umat Muslim.

"Tapi, kalau itu dianggap sebagai sesuatu yang salah. Saya melihat bukan wilayah saya berbicara," ujarnya.

Gilbert Lumoindong juga menyadari kesalahannya yang telah melewati batas dalam menyampaikan ceramah. Sebab dia tak seharusnya membahas hal tersebut meskipun hanya di depan umatnya.

"Jadi, saya melanggar pagar yang harusnya saya nggak boleh lakukan. Untuk itu saya salah. Saya nggak harusnya bahas itu di tengah komunitas saya," jelasnya.

Gilbert Lumoindong mengatakan dirinya hanya melihat adanya keunikan dalam hal itu antara umat Muslim dan Kristen. Namun, dirinya baru menyadari ceramahnya sudah melewati batas.

"Cuman ada keunikan, ada 10 persen dan ada 2,5 persen. Buat muslim nggak berat 2,5 persen. Buat kristen juga nggak berat 10 persen. Kesalahan saya itu melanggar pagar," katanya. 

Sumber: suara
Foto: Pendeta Gilbert Lumoindong [Instagram]
Pendeta Gilbert Lumoindong Akui Salah Bandingkan Nilai Zakat Umat Muslim dan Kristen Pendeta Gilbert Lumoindong Akui Salah Bandingkan Nilai Zakat Umat Muslim dan Kristen Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar