Breaking News

Pendeta Gilbert Hina Zakat dan Ibadah Shalat, Politisi Demokrat: Gak Pantas Dia Olok-olok Keyakinan Agama Lain


Pendeta Gilbert Lumoindong belum lama ini menuai kecaman pedas dari publik.

Pasalnya, Pendeta Gilbert Lumoindong diduga telah menghina terkait zakat hingga ibadah sholat umat muslim.

Pernyataan Pendeta Gilbert Lumoindong yang mengejek zakat dan sholat itu menjadi viral usai video dirinya yang sedang khotbah beredar luas di internet.

Dalam sebuah cuplikan video, Pendeta Gilbert tengah menyinggung perihal umat muslim yang membayar zakat sebesar 2,5 persen.

"Sebelum sembahyang (shalat) Islam diwajibkan cuci semuanya. Saya bilang, lu itu dua setengah," imbuh Pendeta Gilbert.

Kemudian, Pendeta Gilbert membandingkan dengan umat Kristen yang memberikan sumbangan lebih besar, yakni 10 persen.

"Gua 10 persen, bukan berarti gua jorok. Tapi, sudah disucikan oleh darah Yesus," sambung Pendeta Gilbert.

Tak hanya sindir soal zakat, Pendeta Gilbert juga tampak mengejek gerakan ibadah sholat umat muslim yang dinilainya sulit untuk dilakukan.

"Yang paling berat terakhirnya mesti lipat kaki. Enggak semua orang bisa," papar Pendeta Gilbert.

Terkait hal itu, seorang Politisi Partai Demokrat, Cipta Panca Laksana pun turut memberikan komentar atas pernyataan kontroversi Pendeta Gilbert tersebut.

Melalui cuitan akun X @panca66, Cipta Panca kembali memposting cuplikan video Pendeta Gilbert mengenai zakat dan sholat, yang tengah ramai diperbincangkan di media sosial tersebut.

"Ini video si Pendeta Gilbert yang rame di tkktok mengolok-olok zakat orang Islam," ujar Cipta Panca, dikutip Kilat.com dari akun X @panca66 pada Selasa, 16 April 2024.

Politikus Demokrat itu mengatakan bahwa umat Kristiani juga marah lantaran melihat kelakuan Pendeta Gilbert yang menghina zakat dan sholat.

"Orang-orang Kristen sendiri marah atas kelakuan si Gilbert ini," ucapnya.

Menurut Cipta Panca, Pendeta Gilbert telah bersikap yang tidak pantas karena sudah mengolok-ngolok keyakinan agama lain.

"Enggak pantas dia mengolok-olok keyakinan agama lain untuk membenarkan keyakinan agama dia!" tandas Cipta Panca.

Sementara itu, usai video khotbah yang diduga menghina zakat dan sholat umat muslim itu viral, Pendeta Gilbert langsung menemui Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla.

Dalam pertemuan tersebut, Pendeta Gilbert mengucapkan permintaan maaf atas pernyataannya mengenai zakat dan sholat.

Pendeta Gilbert memberikan klarifikasi bahwa dirinya tidak ada sama sekali niatan untuk menghina keyakinan umat muslim.

"Tidak ada niat saya untuk mengolok-olok, apalagi menghina. Sama sekali tidak,” kata Pendeta Gilbert, dikutip dari video TikTok @Kompastvnews.

Pendeta Gilbert juga menegaskan bahwa video tersebut merupakan pernyataan yang ia sampaikan ketika sedang memberikan khotbah ibadah Minggu.

"Tetapi itu jelas ada tulisan ibadah Minggu. Jadi, karena itu sama sekali tidak dimaksudkan untuk umum,” tandasnya. (*)

Sumber: kilat
Foto: Politisi Partai Demokrat, Cipta Panca Laksana mengomentari pernyatan viral Pendeta Gilbert yang diduga hina zakat dan sholat (Instagram / @pastorgilbertl)
Pendeta Gilbert Hina Zakat dan Ibadah Shalat, Politisi Demokrat: Gak Pantas Dia Olok-olok Keyakinan Agama Lain Pendeta Gilbert Hina Zakat dan Ibadah Shalat, Politisi Demokrat: Gak Pantas Dia Olok-olok Keyakinan Agama Lain Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar