Breaking News

Joget Prabowo Diungkit Kubu Ganjar dalam Sidang Sengketa Pilpres 2024 di MK


Risa Permana Deli, ahli psikologi-sosial yang dihadirkan kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyinggung soal joget presiden terpilih, Prabowo Subianto dalam sidang sengketa Pilpres 2024.

Menurut Risa, joget Prabowo tersebut bisa dianggap sebagai gambaran Indonesia tidak perlu pemimpin cerdas.

Hal tersebut disampaikan Risa ketika menerangkan adanya perubahan Prabowo dari pilpres sebelumnya dengan Pilpres 2024.

Kalau di pilpres sebelumnya, Risa melihat Prabowo sebagai sosok yang agresif.

Ahli psikologi sosial dari kubu Ganjar-Mahfud, Dra. Risa Permana Deli dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di Gedung MK, Jakarta, Selasa (2/4/2024). (Tangkap layar YouTube Mahkamah Konstitusi RI)

Namun, sikap Prabowo justru berubah 180 derajat ketika satu gerbong dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Tiba-tiba sejarah berevolusi, dan kemudian yang kalem ini diikuti juga dengan proses pemilu yang kita lihat Pak Prabowo berjoget-berjoget, bahkan ketika beliau diserang dalam debat presiden pun, beliau tidak merespons secara agresif," kata Risa dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di Gedung MK, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2024).

Risa menganggap Prabowo tengah berada di atas angin di Pilpres 2024 karena mendapatkan endorse dari sosok Jokowi.

Padahal di Pilpres 2019, Jokowi menjadi rivalnya.

Alhasil, Prabowo terlihat lebih tenang bahkan tidak memperlihatkan keseriusannya sebagai calon presiden.

Itu dicontohkan Risa ketika Prabowo meledek capres nomor urut 1, Anies Baswedan dalam debat capres 'Mas Anies, Mas Anies'.

"Justru karena beliau menang dalam keadaan seperti ini dan cukup dengan berjoget dan mengatakan 'Mas Anies Mas Anies', kita melihat bahwa sebenarnya rakyat yang cerdas itu, kecerdasannya bukan diisi pengetahuan politik tapi pengetahuan cultural bahwa pemimpin nggak perlu pemimpin yang pintar. Pokoknya yang cool kira-kira," terangnya.

Sumber: suara
Foto: Capres Prabowo Subianto asyik joget di acara pengundian nomor urut peserta Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023) malam. (tangkap layar)
Joget Prabowo Diungkit Kubu Ganjar dalam Sidang Sengketa Pilpres 2024 di MK Joget Prabowo Diungkit Kubu Ganjar dalam Sidang Sengketa Pilpres 2024 di MK Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar