Breaking News

Deretan Nama yang Disiapkan PDIP untuk Pilgub Jakarta: Ada Ahok sampai Andika Perkasa


Pemilihan Gubernur Jakarta akan segera dilaksanakan pada November 2024 sesuai jadwal yang dipublikasikan oleh KPU RI. Para politisi dan partai mulai mempersiapkan diri demi ikut menyukseskan estafet kepemimpinan DKI Jakarta setiap 5 tahun sekali ini.

PDI Perjuangan melalui Sekretaris DPP PDIP Jakarta, Pantas Nainggolan, PDIP sudah mulai menjaring nama-nama calon gubernur yang akan diusung untuk bertarung dalam Pilgub Jakarta.

"Akan kita lakukan penyaringan dan tes tertentu. Entah itu psikotes,atau ada kaitannya dengan kepemimpinan dan lain sebagainya," ungkap Pantas dalam pernyataannya pada Kamis (25/4/2024) kemarin.

PDIP pun juga sudah menyiapkan nama-nama yang berpotensi akan diusung PDIP dalam Pilgub 2024 mendatang.

Lalu, siapa saja nama yang akan diajukan PDIP? Simak inilah selengkapnya.

Basuki Tjahaja Purnama

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kembali masuk bursa calon Gubernur DKI Jakarta yang akan diusung PDIP.

Pria kelahiran Belitung Timur, 29 Juni 1966 ini sudah memiliki sepak terjang yang cukup cemerlang di dunia politik. Ahok sendiri pernah menjabat sebagai Bupati Belitung Timur pada periode 2005-2006, Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2014, dan Gubernur DKI periode 2014-2017.

Lulusan Teknik Geologi Universitas Trisakti ini juga pernah menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina periode 2019-2024. Prestasi Ahok dalam memimpin DKI Jakarta sempat mendapat apresiasi masyarakat. Kini, ayah dari Nicholas Sean ini kembali akan masuk dalam bursa calon Gubernur DKI Jakarta.

Tri Rismaharini

Menteri Sosial Tri Rismaharini juga masuk dalam bursa calon Gubernur DKI Jakarta. Mantan Walikota Surabaya dua periode ini juga berhasil membuktikan kinerjanya selama menjabat sebagai Walikota Surabaya sejak tahun 2010-2020.

Lulusan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini juga didaulat Presiden Jokowi untuk bergabung ke Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Sosial sejak Desember 2020.

Azwar Anas

Menpan-RB Azwar Anas juga akan diajukan PDIP untuk menjadi calon Gubernur DKI Jakarta selanjutnya. Kiprah Azwar di dunia pemerintahan sudah dimulainya sejak menjabat sebagai Bupati Banyuwangi periode 2016-2021 lalu. 

Setelah masa kepemimpinannya selesai, Azwar menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah pada tahun 2022 sebelum akhirnya menjabat sebagai Menpan-RB pada Desember 2022 silam.

Prasetyo Edi Marsudi

Mantan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi dinilai mampu untuk dicalonkan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta periode selanjutnya. Sebagai salah satu petahana di DPRD Provinsi DKI Jakarta, Edi sudah banyak membuat kebijakan dan keputusan besar di ibu kota.

Edi juga dianggap mumpuni untuk menguasai wilayah DKI Jakarta jika berhasil dicalonkan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

Basuki Hadimuljono

Basuki Hadimuljono selaku Menteri PUPR juga disiapkan PDIP untuk masuk dalam bursa calon Gubernur DKI Jakarta. Lulusan sarjana Teknik Universitas Gadjah Mada ini juga sudah menjabat selama dua periode sebagai Menteri PUPR sejak periode 2014 hingga saat ini.

Kinerja Basuki sebagai Menteri PUPR juga diakui oleh Presiden Jokowi. Setidaknya, ada ratusan proyek jalan tol yang berhasil dijalankan selama kepemimpinan Basuki di Kementerian PUPR.

Andika Perkasa

Nama mantan Panglima TNI Andika Perkasa juga disebut-sebut juga akan mengisi slot nama bursa calon Gubernur DKI Jakarta bersama beberapa nama lainnya yang disiapkan PDIP. Andika merupakan lulusan Akademi Militer dan Harvard University. 

Performa Andika selama menjadi Panglima TNI juga sempat mendapat sorotan publik. Andika berhasil menghapus peraturan tes keperawanan dalam seleksi calon anggota TNI saat dirinya menjabat sebagai Panglima TNI.

Sumber: suara
Foto: Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Instagram/@basukibtp)
Deretan Nama yang Disiapkan PDIP untuk Pilgub Jakarta: Ada Ahok sampai Andika Perkasa Deretan Nama yang Disiapkan PDIP untuk Pilgub Jakarta: Ada Ahok sampai Andika Perkasa Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar