Breaking News

Beda Kekayaan Hendropriyono dan Andika Perkasa: Mertua-Menantu Berharta Fantastis


Kekayaan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa kini tengah menuai sorotan publik. Hal ini buntut ramainya video yang memperlihatkan penampakan rumah mewah milik menantu Hendropriyono tersebut.

Diketahui, Andika Perkasa pada 31 Desember 2022 melaporkan harta kekayaannya di LHKPN KPK sebesar Rp184.530.569.648. Meski memiliki kekayaan bernilai fantastis, Andika Perkasa mengatakan apabila sebagian besar hartanya tersebut milik sang isti.

Mantan Panglima TNI ini menerangkan apabila sang istri memiliki sejumlah harta yang sebagian besar berbentuk rumah dan tanah pemberian dari A.M Hendropriyono. Ia juga menerangkan apabila dirinya berasal dari keluarga berada.

"Itu fakta (berharta Rp179 miliar). Yang jelas sebagian besar dari istri saya, karena saya bukan dari keluarga berada sekali, sebagian besar dari istri saya, mungkin secara kebetulan itu," kata Andika di acara Kick Andi.

"Banyak hibah yang memberikan mertua saya. Jadi sejak saya nikah mertua memberikan rumah, tanah. Ya itu bukan pilihan saya untuk tidak mau," imbuhnya.

Mengaku harta kekayaannya berasal dari pemberian mertua, menarik untuk diketahui beda kekayaan antara Andika Perkasa dengan Hendropriyono. Berikut adalah ringkasan ulasannya.

Kekayaan Hendropriyono

Pemilik nama lengkap Abdullah Mahmud Hendropriyono ini merupakan Kepala BIN pertama yang memiliki julukan The Master of Intelligence lantaran menjadi profesor di bidang Ilmu Filsafat Intelijen pertama di dunia.

Setelah pensiun dari karier militer dan intelijen, mertua Andika Perkasa diketahui memiliki sejumlah lini usaha. Ia disebut-sebut sebagai pendiri PT Adiperkasa Citra Lestari yang kemudian bekerja sama dengan PT Solo Manufaktur Kreasi.

Ayah Hetty Andika Perkasa ini juga merupakan pemegang saham PT Solo Manufaktur Kreasi. Lebih lanjut, Hendropriyono juga memiliki kantor hukum sendiri bernama Hendropriyono and Associates. Kantor ini sudah berdiri sejak 2001 silam.

Tak berhenti di situ, Hendropriyono dikabarkan juga menjabat sebagai Presiden Direktur di Mega Maroci Lines yang merupakan anak usaha di bidang jasa pelayanan minyak dan gas bumi. Lalu, disebut pula terlibat dalam bisnis PT Andalusia Antar Benua.

Kekayaan Andika Perkasa

Mengutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan Andika Perkasa ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 3 Februari 2022, mantan Panglima TNI ini memiliki total kekayaan senilai Rp184,53 miliar.

Harta kekayaan tersebut terbagi dalam beberapa aset berbeda, salah satunya adalah alat transportasi dan mesin. Menantu Hendropriyono ini diketahui memiliki satu mobil Mercedes Benz Sprinter 315 Tahun 2018 yang bernilai Rp1,8 miliar.

Selain itu, Andika Perkasa juga memiliki 23 bidang tanah bangunan yang tersebar di Jakarta Timur, Sleman, Jakarta Pusat, Cianjur, Jakarta Selatan, Surabaya, Bogor, Bandar, Bantul, Tangerang, USA, dan Australia.

Kedua puluh tiga tanah milik Andika Perkasa ini jika ditotal bernilai Rp38,92 miliar. Lebih lanjut, Andika Perkasa juga mempunyai harta bergerak lainnya Rp10,1 miliar, surat berharga Rp3,17 miliar, kas setara kas Rp131,43 miliar, serta utang Rp900 juta.

Sumber: suara
Foto: Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa saat bersilaturahmi dengan sang mertua, mantan Kepala BIN AM Hendropriyono dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1444H. (Instagram @jenderaltniandikaperkasa)
Beda Kekayaan Hendropriyono dan Andika Perkasa: Mertua-Menantu Berharta Fantastis Beda Kekayaan Hendropriyono dan Andika Perkasa: Mertua-Menantu Berharta Fantastis Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar