Breaking News

Tak Hanya Satu, Nyaris Semua Perusahaan Harvey Moeis Bermasalah, Ini Daftarnya


Seiring dengan penangkapan suami aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, karena kasus korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015 - 2022, sebuah akun X nama @jaksapedia membongkar keburukan Harvey Moeis sebagai seorang pengusaha.

Seperti diketahui, dalam kasus ini Harvey Moeis diduga mengakibatkan kerugian lingkungan sampai Rp 271 triliun. 

Akun X tersebut kemudian menjelaskan kedok dari Harvey Moeis dalam memuluskan tindakan korupsinya. 

“Untuk menyamarkan hasil kejahatannya, suami Sandra Dewi ini mentransfer uangnya ke Helena. Yuk, bikin berita ini seviral Zara & Safrina pusing pph 21, #Timnasday vs Thailand, Okin, Kyla, Bang Jay & Hotman makan Hokben bareng,” tutur akun tersebut.

Tak hanya itu, akun tersebut juga menyebutkan sejumlah perusahaan dari Harvey Moeis yang diduga bermasalah.

Disebutkan dalam akun tersebut, sejak lahir Harvey Moeis sendiri sudah dikenal kaya raya. Ia diketahui mengendalikan perusahaan yang mayoritas bergerak di sektor pertambangan.

Di samping menduduki jabatan sebagai presiden komisaris di PT Multi Harapan Utama (MHU), Harvey Moeis juga diketahui juga mempunyai sedikit saham di PT Refined Bangka Tin (RBT), CV Venus Inti Perkasa (VIP), PT Tinindo Inter Nusa (TIN), PT Sariwiguna Bina Sentosa (SBS), dan PT Stanindo Inti Perkasa (SIP).

Permasalahannya, seluruh perusahaan tersebut tercatat bermasalah.

Lantas, seperti apakah daftar perusahaan Harvey Moeis yang bermasalah? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

PT Multi Harapan Utama (MHU)

Pada tahun 2016, PT MHU telah melanggar aturan reklamasi dan pasca tambang. Lubang-lubang galian batu bara perusahan tersebut dibiarkan begitu saja.

Oleh karenanya, tak hanya keuangan, negara juga harus menanggung kerugian ekologis yang tidak murah.

Sama halnya seperti PT MHU, 5 perusahaan lainnya juga diketahui berbuat curang dalam kerjasama peleburan timah dengan PT Timah Tbk. 

PT Tinindo Inter Nusa

Tak hanya terkait dengan korupsi pelancaran kerjasama timah, salah satu perusahaan dari Harvey Moeis juga sempat bermasalah terkait dengan pajak.

Adapun kasus pajak ini sendiri dilaporkan dan telah terdaftar dalam laman resmi Mahkamah Agung.

CV Venus Inti Perkasa

Sebelumnya diketahui telah diperiksa TA sebagai pemilik dari Venus Inti Perkasa pada Senin (9/1/2024).

Masih belum diketahui secara pasti dugaan keterlibatan Venus dalam Mega Skandal dan sejauh mana peran serta sejak tahun berapa.

Justru yang mengemuka dalam perusahaan ini terus dicecar dan sebaliknya dengan 4 Smelter lain diajak kerjasama oleh PT. Timah sejak tahun 2018 yang dikesankan memberi ruang gerak yang luas. Oleh karenanya hanya menguntungkan 5 smelter.

PT Sariwiguna Bina Sentosa

Kejaksaan Agung juga memeriksa Manager Keuangan PT Sariwiguna Bina Sentosa sebagai saksi yang diduga berkaitan dengan korupsi PT Timah Tbk.

Ia memastikan penyidik akan kembali memanggil beberapa pihak lainnya dalam rangka penuntasan kasus tersebut.

Sumber: suara
Foto: Kejaksaan Agung menetapkan suami aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis sebagai tersangka kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan atau IUP PT Timah Tbk 2015-2022 pada Rabu (27/3/2024) malam. [Dok. Kejaksaan Agung RI]
Tak Hanya Satu, Nyaris Semua Perusahaan Harvey Moeis Bermasalah, Ini Daftarnya Tak Hanya Satu, Nyaris Semua Perusahaan Harvey Moeis Bermasalah, Ini Daftarnya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar