Breaking News

Suara di Pileg DKI Naik Hampir Dua Kali Lipat, NasDem Akui Kena Efek Ekor Jas Anies


Partai NasDem berhasil mendulang suara dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD DKI 2024. Partai besutan Surya Paloh ini perolehan suaranya naik hampir dua kali lipat dari Pileg tahun lalu.

Pada Pileg 2019, suara Nasdem di Jakarta sebanyak sekitar 300 ribu. Kini di Pileg 2024 suara jadi 545 ribu suara.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem DKI Jakarta, Wibi Andrino mengatakan kenaikan suara NasDem di Jakarta juga karena pengaruh efek ekor jas alias coattail effect. Pemilih Anies diklaimnya juga banyak yang memilih NasDem saat pencoblosan 14 Februari lalu.

"Kita memang harus sadar bahwa efek daripada ekor jas Bapak Anies juga terasa sekali. Banyak para pendukung Pak Anies juga memberikan pilihannya kepada Partai Nasdem, sebagai partai yang juga pertama mengusung pak Anies," ujar Wibi saat dikonfirmasi, Kamis (14/3/2024).

Setelah Anies lengser, Wibi menyebut NasDem juga rutin mengkritisi Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam berbagai kebijakannya. Sehingga NasDem mendapatkan simpati para pendukung Anies.

"Partai NasDem adalah yang terdepan dalam hal menyampaikan krititk-kritik dan juga masukan kepada Pak Heru untuk bisa tetap tetap koridor-koridor kepentingan rakyat dibandingkan kelompok," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga memandang Jakarta memiliki pendekatan khusus dalam perpolitikan ketimbang daerah lain. Sebab, Jakarta merupakan etalase Indonesia yang dihuni masyarakat dari beragam latar belakang.

"Jadi dalam mengatur komposisi caleg kita juga menempatkan orang orang terbaik yang mempunyai daya dobrak elektoral tinggi," ucapnya.

"Sehingga ketika menjadi caleg ini dia nggak gugup lagi untuk bisa berkontestasi dengan sesama caleg dari partai lain," tambahnya memungkasi.

Sumber: suara
Foto: Wibi Andrino [Instagram]
Suara di Pileg DKI Naik Hampir Dua Kali Lipat, NasDem Akui Kena Efek Ekor Jas Anies Suara di Pileg DKI Naik Hampir Dua Kali Lipat, NasDem Akui Kena Efek Ekor Jas Anies Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar