Breaking News

Siapa Gus Anom? Dulu Guru Spiritual Yadi Sembako, Kini Menghilang Usai Terjerat Kasus Penipuan


Tren berbisnis yang dijalani oleh sejumlah publik figur Tanah Air, rupanya juga membuat komedian Yadi Sembako turut tergiur. Namun, gara-gara Yadi Sembako membangun perusahaan PT Gudang Artis bersama Gus Anom kini dirinya dilaporkan polisi. Mungkin Anda bertanya tentang siapa Gus Anom. 

Belakangan ini Gus Anom yang merupakan guru spiritual sang komedian dikabarkan menghilang usai Yadi terjerat kasus penipuan. Selain kehilangan nama baiknya, Yadi Sembako juga terancam kehilangan harta benda yang selama ini ia kumpulkan.  

Kronologi Kasus Dugaan Penipuan Yadi Sembako 

Kasus bermula saat Yadi Sembako menggelar acara launching perusahaannya pada Agustus 2023. Acara itulah yang menjadi awal malapetaka bagi komedian berusia 50 tahun tersebut hingga akhirnya harus terseret kasus hukum dugaan penipuan. Kini ia mengaku telah kehilangan aset seperti mobil dan rumah demi menutupi kerugian bisnisnya tersebut. 

Sebelumnya, Muhammad Adri Permana, selaku pihak event organizer (EO) dalam acara launching perusahaan itu mengaku rugi hingga Rp 198 juta lantaran menalangi biaya vendor. Pada akhirnya, dia pun melaporkan Yadi Sembako ke Polres Tangerang Selatan pada bulan September 2023 lantaran hanya menerima cek kosong. 

Dalam perkembangannya, Polres Tangerang Selatan pun sempat melakukan mediasi dengan cara mempertemukan Yadi Sembako dan Muhammad Adri Permana. Hasil dari mediasi tersebut adalah Yadi Sembako sempat meminta kelonggaran untuk pembayaran sampai akhir Februari. 

Sejalan dengan itu, pelapor mengaku enggan mencabut laporannya bila Yadi Sembako belum membayar kerugian tersebut.  

"Kalau tidak ada pembayaran secara tunai dan lunas, saya belum mau mencabut laporan, kalaupun mau dicicil, saya tidak akan cabut (laporan) sebelum dilunaskan," kata Muhammad Adri Permana kepada awak media saat ditemui di Polres Tangerang Selatan, pada Kamis (11/1/2024). 

Yadi Sembako sendiri mengungkap bahwa kini dirinya habis-habisan lantaran mengikuti segala perintah dari Gus Anom. Berbagai cara telah ia lakukan agar Gus Anom mau bertanggung jawab dalam kasus ini. Namun, dirinya mengaku siap bertanggung jawab. 

"Dari saya pribadi bisanya tanggal 10 buat apalagi gitu kan orangnya kitanya adanya tanggal 10 di bulan Maret depan mau apalagi gitu kan, segala upaya sudah kita lakukan, dan yang pasti akan selesai kok," ujar Yadi Sembako di Polres Tangerang Selatan, Jumat (1/3/2024). 

"Saya yakin pasti selesai walaupun saya dikorbankan, dimanfaatkan sama Gus Anom, saya yang bertanggung jawab," sambungnya. 

Yadi Sembako kini merasa kapok bekerja sama dengan Gus Anom karena kejadian ini. Tak hanya kehilangan aset-asetnya seperti mobil hingga rumah, ia pun harus menerima diputus kontrak pekerjaannya. 

Siapa Gus Anom? 

Gus Anom ternyata adalah guru spritual Yadi Sembako. Pria yang berprofesi sebagai komedian bersama guru spiritualnya, Gus Anom, membangun PT Gudang Artis sebagai bisnis baru. Di situ, Yadi Sembako didapuk sebagai direktur, sedangkan Gus Anon menjadi sebagai komisaris. 

Gus Anom sendiri merupakan pendakwah yang mulai berkarier sejak tahun 2004. Selama ini, Gus Anom memilih berdakwah di daerah-daerah terpencil. 

Pria yang lahir 1 Mei 1979 itu saat ini berusia 44 tahun. Sosoknya pun sempat jadi sorotan usai dikabarkan dekat dengan pedangdut Kristina. 

Gus Anom sebelumnya memiliki istri bernama Eka Listia Puspitasari. Akan tetapi, Gus Anom harus merelakan sang istri setelah ia meninggal dunia pada 13 Januari 2021 karena terkena penyakit jantung, paru-paru basah dan penyumbatan di otak. 

Atas kepergian sang istri tercinta, pemilik Majelis Taklim Al Munawarrah, Surabaya, ini menciptakan dua single lagu berjudul "Jangan Pergi" dan "Istriku". Adapun lagu "Jangan Pergi" dan "Istriku" diciptakan sendiri oleh Gus Anom hanya dalam waktu singkat. Lagu "Jangan Pergi" dan "Istriku" sendiri dinyanyikan oleh penyanyi Winda Saskia. 

Setahun setelah sang istri meninggal, Gus Anom melepas status dudanya dengan menikahi seorang gadis bernama Reca Ramdani. 

Awal Hubungan Yadi Sembako dengan Gus Anom 

Awal hubungannya dengan Yadi Sembako, bermula saat sang komedian bermimpi bertemu Gus Anom. Kala itu, Yadi Sembako menceritakan terkait mati suri yang dialaminya ke publik. 

Gus Anom pun menuturkan bahwa sebelum kejadian Yadi Sembako mengalami koma, memang telah terjadi beberapa kejanggalan dari sang murid. Tak sampai di situ, Gus Anom juga menyebut jika sakit yang dialami oleh Yadi Sembako ini memang sudah sangat parah. 

Dari situlah hubungan keduanya semakin terjalin baik. Yadi Sembako kerap meminta pencerahan kepada Gus Anom. Hingga mereka menjalin kerja sama untuk membangun perusahaan PT Gudang Artis. 

Demikianlah ulasan terkait siapa Gus Anom. Sosoknya kini banyak sorot sebab menghilang usai muridnya tersandung kasus penipuan. 

Sumber: suara
Foto: Siapa Gus Anom? Ini Sosok yang Jadi Guru Spiritual Yadi Sembako, Kini Menghilang (Ig/@gusanoom)
Siapa Gus Anom? Dulu Guru Spiritual Yadi Sembako, Kini Menghilang Usai Terjerat Kasus Penipuan Siapa Gus Anom? Dulu Guru Spiritual Yadi Sembako, Kini Menghilang Usai Terjerat Kasus Penipuan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar