Breaking News

Rekam Jejak Amien Rais: Nasib Bapak Reformasi Kini Miris, Cuma Bisa 5 Detik Ketemu Prabowo


Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais mengundang rasa kasihan netizen gegara potongan video viral di media sosial. Potongan video itu memperlihatkan Amien Rais harus susah payah demi bersalaman dengan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Prabowo menyambut tangan Amien Raies untuk bersalaman, namun ternyata hanya 5 detik proses salaman itu terjadi. Viralnya video cuma bisa 5 detik ketemu dan salaman dengan Prabowo itu membuat sosok Amien Rais dikulik. Simak rekam jejak Amien Rais berikut ini.

Rekam Jejak Amien Rais

Amien Rais merupakan salah satu politikus senior di Indonesia. Pria kelahiran Solo, 79 tahun ini mempunyai nama lengkap Muhammad Amien Rais. 

Sosoknya dikenal sebagai politisi senior dan salah satu tokoh berpengaruh di era reformasi. Kiprah politik Amien Rais sudah tampak sejak dia berkuliah di Jogja.

Nama Amien Rais mulai muncul di dunia politik Indonesia ketika akhir pemerintahan Presiden Soeharto. Dia adalah salah satu tokoh yang kritis terhadap kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Rekam jejak Amien Rais di pemerintahan yakni pernah menjabat sebagai Ketua MPR periode 1999-2004. Jabatan ini diembannya sejak dia dipilih oleh MPR sebagai hasil Pemilu 1999.

Sebelumnya tahun 1998, Amien Rais turut mendirikan Partai Amanat Nasional (PAN), salah satu partai yang mengikuti Pemilu 1999. Selain pendiri, Amien Rais juga menjabat sebagai Ketua Umum DPP PAN yang pertama. 

Namun hasil Pemilu 1999 tidak terlalu memuaskan bagi PAN. Meski begitu, Amien Rais berhasil terpilih menjadi Ketua MPR periode 1999-2004.

Gagasan Amien Rais memberi pengaruh besar di politik nasional dan kestabilan negara. Salah satunya adalah membentuk Poros Tengah ketika persaingan politik nasional tengah memanas memperebutkan kursi kepresidenan usai kepemimpinan BJ Habibie. Atas manuver-manuver politiknya untuk bangsa Indonesia, Amien Rais mendapat julukan Bapak Reformasi.

Pada tahun 2004, Amien Rais kembali maju dalam pemilihan presiden. Saat itu Amien Rais berpasangan dengan Siswono Yudohusodo mewakili PAN. Namun lagi-lagi dia gagal meraih kemenangan karena hanya meraih kurang dari 15 persen suara.

Terakhir, Amien Rais mendirikan partai baru yakni Partai Ummat pada 24 April 2021. Partai Ummat sempat dinyatakan tidak lolos jadi peserta Pemilu 2024. 

Namun setelah verifikasi faktual perbaikan, Partai Ummat lolos jadi peserta Pemilu 2024. Berdasarkan keputusan Sidang Majelis Syura, Amien Rais mewakili Partai Ummat mendeklarasikan dukungan pada paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam Pilpres 2024.

Viral Cuma Bisa Ketemu dan Salaman 5 Detik Dengan Prabowo

Viral video Amien Rais salami Prabowo. (akun X)

Video Amien Rais rela serobot ajudan demi 5 detik salaman dengan Prabowo Subianto tengah viral di media sosial. Dalam video berdurasi 12 detik itu, Prabowo yang tengah dikawal ajudannya tiba di acara resepsi putra Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman.

Acara resepsi pernikahan Andi Amar Maruf Sulaiman dan Ihsani Nurul Izzah itu digelar di Hotel Bidakara, Jakarta pada Minggu (3/3/2024) lalu. Saat rombongan Prabowo berjalan untuk memasuki area hotel, tiba-tiba Amien Rais muncul dari balik tubuh asisten pribadi, Rizky Irmansyah.

Amien Rais mengincar untuk bersalaman dengan Prabowo. Tampak Prabowo menyambut tangan Amien yang berniat untuk bersalaman. Namun ternyata hanya 5 detik proses salaman itu terjadi.

Setelah itu, Prabowo dan rombongan langsung meneruskan langkahnya untuk menuju acara resepsi. Aksi Amien Rais itu pun membuat miris warganet.

"Amien Rais riwayatmu kini..," ujar pengungah video Amien Rais itu melalui akun X @PartaiSocmed.

"Kasihan....langsung tertutup oleh aspri, nggak ada sorot kamera lagi ke beliau," kata netizen. "Pak de Rais. Mestinya istirahat aja di rumah," sambung lainnya.

Sumber: suara
Foto: Kolase Amien Rais dan Prabowo Subianto. (Istimewa)
Rekam Jejak Amien Rais: Nasib Bapak Reformasi Kini Miris, Cuma Bisa 5 Detik Ketemu Prabowo Rekam Jejak Amien Rais: Nasib Bapak Reformasi Kini Miris, Cuma Bisa 5 Detik Ketemu Prabowo Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar