Breaking News

Lebih Dipilih Surya Paloh Maju Pilgub, Riwayat Karier Ahmad Sahroni Kebanting Anies Baswedan


Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh lebih menjagokan Ahmad Sahroni ketimbang Anies Baswedan untuk maju di Pilkada DKI Jakarta mendatang.

Diketahui, Ahmad Sahroni dikabarkan ingin maju di Pilkada DKI Jakarta mendatang. Sementara itu, Anies Baswedan sempat digadang-gadang bakal kembali maju di kontestasi tersebut.

"Kan lihat dulu. Kalau malam ini Sahroni," kata Surya Paloh pada Rabu (20/3/2024).

Pernyataan Surya Paloh ini tentunya saja menuai sorotan. Pasalnya, ia tak membeberkan secara detail mengapa lebih memilih Ahmad Sahroni untuk maju di Pilkada DKI mendatang.

Berikut adalah riwayat karier Ahmad Sahroni dan Anies Baswedan.

Karier Ahmad Sahroni

Ahmad Sahroni mengawali karier sebagai sopir bos perusahaan BBM setelah lulus dari sekolah. Ia juga sempat bekerja sebagai pelayan hingga akhirnya dipercaya untuk memimpin perusahaan milik rekannya.

Pria kelahiran Tanjung Priok ini kini diketahui memiliki perusahaan sendiri yang bergerak di bidang penyediaan bahan bakar minyak (BBM) untuk kapal bernama PT Ruwanda Satya Abadi.

Berjalannya waktu, ia menjadi orang kepercayaan Anies Baswedan. Ia diberi mandat untuk mengurus Formula E saat Anies Baswedan masih menjadi gubernur DKI Jakarta.

Ahmad Sahroni juga pernah menjabat sebagai Bendahara Umum DPW DKI Jakarta Partai NasDem pada 2013 serta Kabid Ekonomi GARDA Pemuda NasDem.

Pada Pileg 2014, ia ikut mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI. Ia pun berhasil lolos ke Senayan bahkan selama dua periode karena pada Pileg 2019 ia kembali terpilih.

Ahmad Sahroni saat ini menyandang jabatan sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI periode 2019–2024.

Karier Anies Baswedan

Anies Baswedan mengawali karier di dunia akademik. Ia pernah menjadi peneliti dan koordinator protek di Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi UGM.

Kemudian manajer riset di IPC, direktur riset The Indonesian Institute, rektor Universitas Paramadina, dan Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar.

Ia baru mulai berkecimpung di dunia politik pada 2013. Kala itu Anies Baswedan ikut dalam Konvensi Calon Presiden dari Partai Demokrat.

Selang setahun, Anies Baswedan menjadi salah satu tokoh yang mendukung pencalonan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpasangan dengan Wapres Jusuf Kalla (JK).

Di tahun yang sama, Anies Baswedan diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), namun pada 2016 jabatan tersebut dicopot oleh Presiden Joko Widodo.

Kendati demikian, karier Anies Baswedan tak berhenti di situ. Ia terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Lalu, pada 2023 Anies Baswedan diusung menjadi calon presiden oleh Partai NasDem, bersama dengan Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presidennya. 

Sumber: suara
Foto: Kolase foto Anies Baswedan dan Ahmad Sahroni. (Instagram/@aniesbaswedan/@ahmadsahroni88)
Lebih Dipilih Surya Paloh Maju Pilgub, Riwayat Karier Ahmad Sahroni Kebanting Anies Baswedan Lebih Dipilih Surya Paloh Maju Pilgub, Riwayat Karier Ahmad Sahroni Kebanting Anies Baswedan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar