Breaking News

Gus Baha Singgung Masalah Bisa Selesai Bila Dijadikan Menteri, Sindir Siapa?


Pernyataan K.H. Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha dalam acara Dialog Kebangsaan "Merawat Ukhuwah Kebangsaan Menjaga Persatuan Indonesia" memantik perhatian warganet. Pasalnya ulama asal Rembang ini diduga menyindir soal kondisi politik di dalam negeri saat ini.  

Dialog kebangsaan yang digelar di Universitas Gadjah Mada pada Senin (4/3/2024) tersebut menghadirkan Gus Baha sebagai salah satu pembicaranya. Ia pun membahas soal sistem peradilan di Indonesia saat menyelesaikan masalah.

Namun yang mencuri perhatian, Gus Baha malah mengatakan soal jabatan menteri yang langsung disambut riuh hadirin.

Awalnya ia membahas sistem peradilan di Indonesia saat terjadi sengketa dan mengutip sebuah tafsir.

“Jadi kalau ada orang sengketa silakan kembalikan ke sengketa, jangan-jangan mereka punya solusi kekeluargaan,” ujarnya. Ia lalu mengatakan karena kalau suatu masalah diputuskan di pengadilan menghasilkan dendam, hasut, dengki.

Ia juga menyinggung yang dilupakan ketika ada masalah selalu dikasuskan di pengadilan. Kemudian ia mengandaikan bila ada di posisi sebagai pengamat politik, maka bisa diselesaikan dengan dijadikan menteri.

“Padahal bisa diselesaikan bila dijadikan menteri, tapi itu bukan wilayah saya,” kelakar Gus Baha yang disambut tawa hadirin.

Warganet di X juga rupanya terpancing dengan pernyataan ini. Sebuah akun bernama @husain_fahasbu mengatakan bahwa candaaan Gus Baha ini menyala.

“Gus Baha di UGM pagi ini menyala banget. Joke beliau: Tidak semua masalah harus diselesaikan di pengadilan atau di MK. Misal dengan diangkat jadi menteri saja,” tulisnya.

Warganet lain pun ada yang heran, apakah yang dikatakan Gus Baha ini merupakan sindiran untuk seseorang.

“nyindir sapa nih,” kata @LOK***

“Gus Baha mengikuti perpolitikan dinegara kita ternyata. Ga biasanya Gus Baha ngomong gini. Apakah masalah dinegara kita saat ini juga bs diselesaikan dengan turun ke jalan?,” ujar @Ren**

“Kalo Gus Baha sudah nyindir politik itu artinya Republik ini sedang bermasalah,” ujar @asep***

Seperti diketahui belakangan isu jatah menteri sedang hangat dibicarakan termasuk soal oposisi yang menjadi kawan.

Sedangkan menteri yang baru dilantik belakangan ini adalah Agus Harimurti Yudhoyono sebagai menteri ATR/BPN. Dimana sebelumnya putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini adalah oposisi di pemerintah. Namun kini AHY jadi menteri yang artinya sudah sepenuhnya mendukung pemerintahan.

Sumber: suara
Foto: Gus Baha (Facebook/Gus Baha)
Gus Baha Singgung Masalah Bisa Selesai Bila Dijadikan Menteri, Sindir Siapa? Gus Baha Singgung Masalah Bisa Selesai Bila Dijadikan Menteri, Sindir Siapa? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar