Breaking News

TKD Prabowo-Gibran Parepare Ngaku Bagi-bagi Uang di Jalan Sehat Spontanitas


Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) merespons soal video bagi-bagi uang saat acara jalan sehat. TKD Parepare mengaku bagi-bagi uang tersebut hanya bersifat spontanitas.

"Itu sebatas spontanitas Pak Ketua (Surianto yang membagikan uang)," kata Sekretaris TKD Prabowo-Gibran Parepare Sapar Muchtar kepada detikSulsel, Minggu (4/2/2024).

Sapar mengatakan bagi-bagi uang tersebut tidak ada dalam agenda acara jalan sehat. Sehingga, kata dia, bagi-bagi uang yang terjadi hanya secara kebetulan. Ketua TKD Prabowo-Gibran Parepare Surianto disebut spontan mengeluarkan uang di dompet dan membagikannya kepada warga yang hadir.

"Tidak terencana dan tidak ada dalam schedule. Itu benar benar spontanitas. Refleks Pak Ketua," terangnya.

Dia juga menyebut bagi-bagi uang itu dilakukan Surianto lantaran bahagia melihat banyak warga hadir di acara tersebut. Warga, kata dia, datang tanpa dimobilisasi.

"Mungkin bahagia lihat warga yang datang tidak dimobilisasi," katanya.

Sekretaris PAN Parepare ini mengaku dalam acara jalan sehat tersebut juga tidak ada dooprize ke peserta yang hadir. Menurutnya. langkah tersebut mempertimbangkan agar tidak terjadi pelanggaran.

"Tidak ada juga doorprize saat acara (jalan sehat satu putaran) untuk menghindari pelanggaran," imbuhnya.

Pihaknya memastikan TKD Prabowo-Gibran Parepare akan kooperatif saat diminta klarifikasi oleh Bawaslu. Dia mengaku selama ini selalu melakukan koordinasi dangan Bawaslu sebelum melaksanakan acara karena menghindari pelanggaran pemilu.

"Kami dari TKD akan kooperatif saat dipanggil untuk klarifikasi dari Bawaslu. Sejak awal kami selalu berkonsultasi terus ke Bawaslu mana yang boleh dan mana yang tidak boleh," bebernya.

Sementara itu, detikSulsel berupaya mengkonfirmasi ke Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Parepare Surianto taerkait bagi-bagi uang yang dilakukan saat acara jalan sehat satu putaran. Namun Surianto belum memberikan respons.

Diberitakan sebelumnya, beredar video Surianto membagikan uang dalam acara Jalan Sehat Satu Putaran yang berlangsung di Taman Mattirotasi, Kota Parepare pada Minggu (4/2). Bawaslu Parepare langsung menelusuri dugaan pelanggaran politik uang tersebut.

"Sesuai dengan beberapa video dan foto itu diduga Surianto," kata Komisioner Bawaslu Parepare, Susilawati kepada detikSulsel, Minggu (4/2).

Susilawati memaparkan saat aktivitas bagi-bagi uang tersebut, dari Panwascam Kecamatan Ujung langsung naik ke atas panggung. Kemudian menegur agar aktivitas tersebut karena termasuk melanggar.

"Begitu kejadian saat bagi-bagi uang itu Panwascam naik ke panggung untuk melakukan pencegahan. Bahwa jangan dibagi-bagi uang karena itu termasuk pelanggaran," terangnya.

Sumber: detik
Foto: Ketua TKD Prabowo-Gibran Parepare bagi-bagi uang saat acara jalan sehat. (Muhclis Abduh/detikSulsel)
TKD Prabowo-Gibran Parepare Ngaku Bagi-bagi Uang di Jalan Sehat Spontanitas TKD Prabowo-Gibran Parepare Ngaku Bagi-bagi Uang di Jalan Sehat Spontanitas Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar