Breaking News

Perusahaan Raffi Ahmad Dituding Pencucian Uang, Siapa Saja Pemilik Saham Rans Entertainment?


Siapa saja pemilik saham Rans Entertainment, perusahaan hiburan yang digawangi artis Raffi Ahmad? Pertanyaan ini muncul di kalangan publik setelah suami artis Nagita Slavina itu dituding terlibat kasus pencucian uang atau money laundry.

Klaim yang beredar, uang tersebut jadi mengalir ke perusahaan Raffi, Rans Entertainment. Publik pun kemudian ingin mengetahui siapa saja pemilik saham Rans Entertainment.

Raffi Ahmad juga dituding memiliki ratusan rekening bank yang digunakan sebagai 'penadah' dana yang juga mengalir ke Rans. Ayah dari dua anak itu juga disebut turut mengelola uang-uang yang ia dapatkan dari para terduga serta terdakwa korupsi.

Dugaan bahwa Raffi Ahmad telah terlibat dalam tindak pidana pencucian uang disampaikan oleh Ketua Umum DPP Nasional Corruption Watch (NCW), Hanifa Sutrisna. Selain Raffi Ahmad, isu yang sama juga menyeret nama para putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka. 

"Kami sudah menerima beberapa dugaan tindakan pencucian uang yang dilakukan oleh saudara Raffi Ahmad. Nilainya fantastis," ujar Hanifa Sutrisna, mengutip dari unggahan TikTok @nasionalcorruption pada Kamis (1/2/2024).

Pemegang Saham Rans Entertainment

Raffi Ahmad tercatat memiliki saham mayoritas di RANS dengan 31.350 lembar saham atau 78%. Sedangkan Nagita memiliki 499 lembar saham (1,25%). Kendati begitu keduanya bukan pemain tunggal saham Rans Entertainment.

Sudah melantai di bursa saham beberapa tahun silam, sejumlah figur publik juga menanam kekayaannya di tubuh Rans. Siapa saja mereka?

1. Kaesang Pangarep

Kaesang masuk dalam jajaran komisaris Rans Entertainment dengan kepemilikan 1,15% saham. Selama menjadi pengusaha, Kaesang kerap melebarkan sayapnya ke bisnis-bisnis lainnya, termasuk pembelian saham ke perusahaan lain, seperti Rans Entertainment.

Diketahui, adik Gibran Rakabuming Raka ini memiliki kekayaan mencapai Rp 92,2 miliar. Dia juga mendirikan usahanya sendiri di bidang pengolahan pisang dengan merek Sang Pisang. Tak puas, kini Kaesang juga membeli saham klub sepak bola asal kampung halamannya Solo Jawa Tengah yakni Persis Solo. 

2. Susanto Hartono

Sutanto Hartono menjabat sebagai Executive Chairman RANS Entertainment. Sutanto Hartono juga merupakan wakil direktur PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau yang lebih dikenal dengan Emtek.

Perusahaan ini menaungi PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) yang memiliki dua saluran TV nasional terbesar di Indonesia, yakni SCTV dan Indosiar. Emtek sendiri sudah lama dikenal sebagai perusahaan konglomerat Indonesia yang didirikan pada tahun 1983 di Jakarta.

Dilansir dari laman emtek.co.id, pria lulusan Teknik Kimia, University of Notre Dame itu bertanggung jawab mengkoordinasi pelaksanaan seluruh unit usaha di Divisi Media dan bisnis pendukungnya.

Tidak hanya itu, ada nama lain yang disebut juga ikut menjadi pemegang saham Rans Entertainment. Mereka adalah Dony Oskaria dengan 6,92% saham, Hikmat Janika, memiliki 0,86% saham dan Roofi Ardianto Koesoema, dengan 0,02% saham.

Saham RANS tidak hanya dimiliki oleh perorangan. Korporasi yang  terlibat yakni PT Indonesia Entertainment Group, Sub-Holding Surya Citra Media atau SCMA, dengan total 9,13% saham dan PT Ekonomi Baru Investasi Teknologi, memiliki 0,77% saham.

Itulah siap saja pemilik saham Rans Entertainment, perusahaan milik Raffi Ahmad yang diterpa isu pencucian uang.

Sumber: suara
Foto: Kantor RANS Entertainment (YouTube Rans Entertainment) - Siapa Saja Pemilik Saham Rans Entertainment? Perusahaan Raffi Ahmad Dituding Pencucian Uang
Perusahaan Raffi Ahmad Dituding Pencucian Uang, Siapa Saja Pemilik Saham Rans Entertainment? Perusahaan Raffi Ahmad Dituding Pencucian Uang, Siapa Saja Pemilik Saham Rans Entertainment? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar