Breaking News

Mengungkap Rahasia Bisnis Ala Ahok Saat Besarkan Pertamina: Cuan, Cengli, Cincai!


Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi mengundurkan diri sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero),

Ahok melepas jabatan strategis itu demi membantu kampanye pasangan calon (paslon) nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sebagai informasi, Ahok ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) sejak tanggal 22 November 2019 Berdasarkan Keputusan Menteri selaku Rapat Pemegang Saha, (RUPS) PT Pertamina (Persero) No.SK-282/MBU/11/2019 tanggal 22 November 2019.

Selama menangani Pertamina, politisi PDI Perjuangan berusia 57 tahun itu ternyata menerapkan prinsip bisnis orang China.

Prinsip tersebut biasanya diterapkan oleh kebanyakan pengusaha di China. Adapun prinsip 3C adalah Cuan, Cengli dan Cincai.

"Prinsip 3C yang biasa orang China sebut itu Cuan, Cengli dan Cincai. Ini merupakan prinsip semua investor untuk berinvestasi," ucap Ahok dalam acara '2020 International Convention on Indonesian Upstream Oil dan Gas' pada 2020 silam.

Istilah yang digunakan Ahok ini berasal dari Bahasa Hokkian, salah satu etnis atau suku di China.

Prinsip tersebut memang dikenal sebagai falsafah hidup atau pegangan masyarakat China secara turun menurun.

Ahok menjelaskan, prinsip pertama adalah Cuan yang berarti keuntungan. Artinya, setiap pengusaha dalam berbisnis harus mengutamakan keuntungan untuk perusahaan.

Sedangkan Cengli memiliki beberapa makna, yakni adil, jujur, dan terbuka. Artinya, prinsip cengli merupakan sikap pengusaha yang menjunjung tinggi keadilan dan keterbukaan dalam menjalankan bisnisnya, sehingga bisa mempermudah bisnis dengan investor.

"Cengli itu artinya keadilan, cuan itu profit, win-win solution," tuturnya.

Yang terakhir, Cincai juga memiliki beberapa makna yakni maklum, sederhana, dan mudah diajak kompromi. Menurutnya, dalam berbisnis tidak perlu banyak bicara.

"Ketiga, cincai itu artinya simple. Sangat simple, tidak bicara banyak saat melakukan bisnis," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sumber: suara
Foto: Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok/Net
Mengungkap Rahasia Bisnis Ala Ahok Saat Besarkan Pertamina: Cuan, Cengli, Cincai! Mengungkap Rahasia Bisnis Ala Ahok Saat Besarkan Pertamina: Cuan, Cengli, Cincai! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar