Breaking News

Mengenal Gatotkaca, Wayang yang Disamakan dengan Prabowo oleh Sang Kakek


Prabowo Subianto mengaku bahwa kakeknya, Margono Djojohadikoesoemo menyamakan sosoknya dengan wayang Gatotkaca.

Prabowo menyebutkan bahwa sang kakek yang menyukai pewayangan selalu menyebutnya bak Gatotkaca yang merupakan seorang ksatria.

"Saya oleh beliau (kakek) diberi nama Gatotkaca, kalau di Jawa kan akan diberi predikat sesuai dengan apa yang dilihat dari orang itu," ungkap Prabowo Subianto dalam perbincangan di podcast Deddy Corbuzier, Selasa (13/2/2024).

"Kakek saya tuh dulu selalu memanggil saya Gatotkaca, enggak tau tuh, jadi kan Gatotkaca ini ksatria," imbuhnya.

Disematkan untuk Prabowo oleh sang kakek, seperti apa sosok Gatotkaca?

Wayang Gatotkaca

Pada kisah pewayangan Jawa, Gatotkaca merupakan sosok yang memiliki jiwa dan raga kuat. Ia bisa mengalahkan musuh dengan mudah sehingga tak heran sering kali dijuluki otot kawat tulang besi.

Gatotkaca sendiri merupakan putra dari Bima, salah satu bagian dari keluarga Pandawa. Sementara sang ibu merupakan perempuan raksasa bernama Hidimbi atau Arimbi.

Pada pewayangan Jawa, Gatotkaca digambarkan sebagai manusia setengah raksasa, namun bukan raksasa hutan. Ibu Gatotkaca merupakan anak dari Prabu Temboko yang berasal dari Kerajaaan Pringgandani.

Usai Prabu Tremboko meninggal, kekuasaan digantikan dengan digantikan oleh Arimba yang merupakan anak sulungnya. Usai Arimba gugur, kekuasaan diambil alih oleh ibu dari Gatotkaca dan suaminya.

Estafet kekuasaan kemudian jatuh kepada Gatotkaca setelah dewasa. Pelantikan Gatotkaca mulanya sudah disetujui oleh 5 adik Arimbi, namun kemudian terjadi huru-hara karena hasutan Sengkuni.

Salah seorang adik Arimbi bernama Brajadenta memberontak dan berusaha merebut kekuasaan dari tangan Gatotkaca. Hingga akhirnya Brajadenta bertarung dengan saudaranya, Brajamusti di mana keduanya tewas.

Usai keduanya tewas, roh Brajadenta dan Brajamusti masuk ke dalam kedua tangan Gatotkaca dan menambah kesaktiannya.

Sumber: suara
Foto: Prabowo Subianto di podcast Deddy Corbuzier (YouTube)
Mengenal Gatotkaca, Wayang yang Disamakan dengan Prabowo oleh Sang Kakek Mengenal Gatotkaca, Wayang yang Disamakan dengan Prabowo oleh Sang Kakek Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar