Breaking News

Masih Ada Menteri Kampanye Tapi Tak Mundur dari Jabatan, Analis Politik: Diajarin Jokowi


Pengamat politik Hendri Satrio menanggapi sejumlah menteri yang terang-terangan mendukung salah satu pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) tanpa mengundurkan diri.

Bahkan, mereka diketahui ikut berkampanye sebagai upaya memenangkan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Keberpihakan itu ditunjukkan oleh para menteri seperti Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Tohir, serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran.

Menurut Hendri, sikap para menteri itu sudah dicontohkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang secara terbuka mengeklaim bahwa presiden dan menteri boleh berkampanye dan memihak.

"Presiden sudah ngajarin, presiden sudah nyampein kalau presiden boleh kampanye, boleh memihak, menterinya apalagi. Jadi, ya sudah dicontohin sama Jokowi," kata Hendri kepada Suara.com, Minggu (4/2/2024).

"Cuma kan kita bisa membedakan mana tokoh-tokoh yang memang hidup matinya demi jabatan, ada tokoh tokoh yang memang jabatannya itu benar-benar titipan Allah," ujar dia.

Meski begitu, dia juga menyebut ada menteri seperti Mahfud MD yang melepas jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) untuk menguindari penggunaan fasilitas negara demi kepentingan politik.

"Jadi, kalau memang harus dia lepas, ya dia lepas demi etika dan kepatutan serta kewarasan dan kewajaran," tandas Hendri.

Sumber: suara
Foto: Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio menyebut kemungkinan hanya ada dua pasangan calon di Pilpres 2024 saat ditemui di Jakarta Pusat, Rabu (3/5/2023). (Suara.com/Novian)
Masih Ada Menteri Kampanye Tapi Tak Mundur dari Jabatan, Analis Politik: Diajarin Jokowi Masih Ada Menteri Kampanye Tapi Tak Mundur dari Jabatan, Analis Politik: Diajarin Jokowi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar