Breaking News

Demi Bergulirnya Hak Angket Pemilu 2024, Pertemuan Surya Paloh-Megawati Ditunggu


Kritikus politik, Faizal Assegaf mengatakan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri harus segera bertemu guna membahas mengenai wacana hak angket dugaan kecurangan pemilu 2024.

Hak angket adalah hak konstitusional yang bisa digunakan partai politik (parpol) yang ada di DPR RI.

"Angket ini hak konstitusi rakyat yang disalurkan lewat partai-partai yang mau berdiri bersama rakyat, yaitu empat partai, PDIP, PKB, PKS, dan NasDem," kata kritikus politik Faizal Assegaf, sebagaimana dilihat dari video yang diunggah di X (Twitter) @Mdy_Asmara1701, dikutip penulis pada Selasa (27/2/2024).

Apabila ada pihak-pihak yang tak setuju bergulirnya hak angket dan menganggap pemilu 2024 berjalan secara baik dan adil, Faizal meminta partai-partai itu tak usah gusar menanggapi wacana hak angket.

"Mereka yang mungkin menganggap pemilu ini tidak curang, negara ini baik-baik saja, saya kira nggak usah tanggapi (wacana hak angket)," kata Faizal Assegaf.

Faizal lantas meminta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk tegas bersuara mendukung wacana hak angket ini, seperti yang dilakukan Surya Paloh.

"Sampai hari ini PDIP belum menunjukkan sikap, Ibu Mega belum keluar, belum menyampaikan suatu pidato yang sama dengan Surya Paloh," kata Faizal Assegaf.

Menurutnya, publik saat ini tengah menunggu pertemuan antara Megawati dan Surya Paloh untuk membicarakan mengenai bergulirnya hak angket ini di DPR.

"Publik menanti Ibu Mega dan Pak Surya segera kumpul, sehingga ini tidak jadi lagi perdebatan krusial. Ini betul-betul langkah yang konkret dan masuk ke arena penggunaan hak konstitusi secara efektif," ucapnya.

Wacana hak angket usut dugaan kecurangan pemilu 2024

Wacana hak angket ini awalnya diusulkan oleh calon presiden (capres) nomor 3, Ganjar Pranowo. Eks Gubernur Jawa Tengah ini meminta partai pendukungnya yang ada di DPR yakni PDIP dan PPP untuk mendukung bergulirnya hak angket.

Bak gayung bersambut, usulan hak angket dari Ganjar disambut baik oleh ketiga partai politik (parpol) pendukung dari kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), yakni Partai NasDem, PKS, dan PKB.

Bahkan ketiga parpol pengusung AMIN sudah mengadakan pertemuan guna membahas hak angket.

Sumber: suara
Foto: Puan Maharani, Surya Paloh, dan Megawati Soekarnoputri (Instagram/puanmaharaniri)
Demi Bergulirnya Hak Angket Pemilu 2024, Pertemuan Surya Paloh-Megawati Ditunggu Demi Bergulirnya Hak Angket Pemilu 2024, Pertemuan Surya Paloh-Megawati Ditunggu Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar