Breaking News

Aksi Tuntut Pemakzulan Jokowi, Mahasiswa Bakar APK di Dekat Istana


Mahasiswa dari berbagai kampus yang menggelar aksi menuntut pemakzulan Presiden Joko Widodo, mulai melakukan aksi bakar-bakaran. Mereka membakar alat peraga kampanye (APK) yang mereka lucuti sepanjang jalan Tugu Reformasi Universitas Trisaksti hingga Harmoni.

Pantauan Suara.com, asap hitam hasil pembakaran baliho caleg dan bendera partai politik ini membumbung tinggi ke udara.

Polisi hanya bisa menyaksikan aksi para mahasiswa ini tanpa bisa mencegahnya. Massa sendiri baru menggelar aksi demonstrasi di sekitaran Istana Negara sejak pukul 17.25 WIB.

Sebelumnya mereka melakukan long march dari Tugu Reformasi ke wilayah Harmoni.

Aksi tersebut sebelumnya dijadwalkan dalam poster yang tersebar luas di Instagram akan dimulai pada pukul 10.00 WIB, namun para mahasiswa baru datang ke Tugu Reformasi sekira pukul 15.00 WIB.

4 Tuntutan

Dalam aksinya, para mahasiswa ini akan menyampaikan 4 tuntutan. Adapun keempat tuntutan yang akan disuarakan diantaranya yakni memakzulkan Presiden Joko Widodo.

Kemudian memboikot partai politik yang tidak mendukung pemakzulan Jokowi, kemudian mendesak agar para menteri untuk mundur dari kabinet pemerintahan kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Terakhir, menyerukan protes di berbagai seluruh Indonesia sampai Presiden Joko Widodo dimakzulkan.

Kemudian ada 10 isu yang akan digaungkan oleh pihak mahasiswa, yakni tentang pemilu curang, korupsi, kolusi dan nepotisme. Kemudian soal konflik agraria, monopoli sumber daya alam. Kerusakan lingkungan, pendidikan dan kesehatan mahal, serta kebebasan sipil. Keadilan ekonomi dan gender, kemudian kekerasan aparat, dan produk hukum bermasalah, juga menjadi isu yang akan disuarakan.

Sempat diintimidasi

Sebelumnya, beberapa mahasiswa dari berbagai kampus melakukan diskusi dan konsolidasi merespons situasi negara saat ini, Sabtu (3/2/2024) malam.

Iqbal yang saat itu berada di lokasi mengatakan, saat diskusi sedang berlangsung ada sekelompok orang tidak dikenal (otk) mencoba merangsek masuk dan membubarkan acara diakusi tersebut.

"Ketika dilarang mereka marah dan terjadi cekcok," ucapnya.

Akibat cekcok tersebut, seorang mahasiswa kampus Trilogi menjadi korban usai kepalanya disundul oleh salah seorang otk yang berpostur tegap dengan kulit gelap tersebut.

"Korban disundul kepalanya, sekelompok orang berbadan besar ini intinya ingin membubarkan diskusi," jelasnya.

Iqbal menyebut, kelompok ini juga yang sempat menggelar aksi di depan kantor Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), dan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

Saat itu mereka menuding KontraS dan YLBH menjadi pelopor isu tentang pemakzulan Presiden Jokowi.

"Kelompok-kelompok ini jg yang kemarin melakukan aksi di LBH dan kontraS," ucapnya.

Atas kekerasan mahasiswa Trilogi ini, Iqbal mengaku pihaknya telah menyiapkan langkah hukum. Ia meminta agar pihak kepolisian mengusit aktor intelektual dibalik aksi persekusi tersebut.

"Kita minta kapolri untuk segera menyelidiki dan mengungkap aktor intelektual serta motif intimidasi dan kekerasan yang dilakukan oleh kelompok tersebut," katanya.

Sumber: suara
Foto: Aksi mahasiswa di dekat Istana Negara menuntut pemakzulan Presiden Jokowi, Rabu (7/2/2024). [Suara.com/Faqih]
Aksi Tuntut Pemakzulan Jokowi, Mahasiswa Bakar APK di Dekat Istana Aksi Tuntut Pemakzulan Jokowi, Mahasiswa Bakar APK di Dekat Istana Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar