Breaking News

3 Capres-Cawapres Unjuk Kekuatan di Kampanye Penutup, Anies dan Prabowo di Jakarta, Ganjar di Jateng


Rangkaian kampanye Pemilu 2024 berakhir besok (10/2). Para pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden berupaya meninggalkan kesan terbaik. Paslon nomor urut 1 dan 2 akan unjuk kekuatan di Jakarta, sedangkan paslon 3 di Jawa Tengah.

Dari paslon nomor 2, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menutup masa kampanye dengan kegiatan besar. Bertajuk pesta rakyat, 500 ribuan orang disebut bakal memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid mengatakan, jumlah tersebut didasarkan pada nama-nama yang telah menyampaikan keinginan untuk datang. Jumlahnya bisa jadi akan lebih besar mengingat sifat kegiatan yang terbuka. ”Kita nggak bisa menghalangi orang-orang yang ingin datang,” ujarnya di Media Center TKN, Jakarta, kemarin (8/2).

Dalam pesta rakyat itu, seluruh kekuatan TKN dijadwalkan hadir. Termasuk tokoh-tokoh TKN, para menteri pendukung Prabowo-Gibran, hingga ketua umum partai. ”Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) pun akan hadir,” imbuhnya.

Selain acara hiburan, momen tersebut akan digunakan untuk menyampaikan gagasan-gagasan besar yang dimiliki Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dengan begitu, Nusron berharap publik akan makin mantap memilih Prabowo.

Karena kapasitas terbatas, politikus Partai Golkar itu meminta para simpatisan menahan diri. Jika kapasitas tribun dan lapangan penuh, mereka harus rela menyaksikan dari halaman luar stadion. TKN akan memasang banyak videotron di sekitar SUGBK. Kapasitas maksimal SUGBK sendiri diprediksi hanya sekitar 80 ribu.

Disinggung soal pelaksanaan yang beririsan dengan kampanye akbar Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Nusron mengaku tidak bisa menghindarinya. Sebagai upaya antisipasi kejadian yang tidak diinginkan, pihaknya mengimbau para pendukung untuk menjaga ketertiban. Kalaupun harus berpapasan di jalan, dia meminta tidak saling provokasi. ”Kalau perlu, punya makanan saling tukar makanan,” ucapnya.

Kapten Timnas AMIN Muhammad Syaugi Alaydrus saat deklarasikan dukungan Satgas Pemantau Pemilu untuk paslon nomor urut 1 di Jakarta, Sabtu (30/12/2023). (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)
Anies-Muhaimin (Amin) dijadwalkan menutup kampanye akbar besok (10/2) pagi di Jakarta International Stadium (JIS). Paslon nomor urut 1 itu mengklaim animo masyarakat yang ingin hadir sangat tinggi. Hal tersebut merujuk jumlah pengunjung situs penjualan tiket yang tembus angka 15 juta. Angka kunjungan situs itu naik drastis dibanding sebelumnya, yakni 3,5 juta.

Kapten Timnas Amin M. Syaugi Alaydrus mengakui, tingginya animo masyarakat tersebut memang tidak sebanding dengan kapasitas JIS. Saat ini stadion ”warisan” Anies Baswedan itu berkapasitas 82 ribu tempat duduk. Kemudian, untuk kapasitas lapangan, bisa menampung 10 ribu orang. Jika ditotal, JIS hanya mampu menampung 92 ribu orang.

Syaugi menegaskan bahwa angka kunjungan situs penjualan tiket yang fantastis tersebut bagian dari manajemen massa. Dia pun mengajak masyarakat yang tidak kebagian tiket masuk JIS untuk tetap datang. ”Kami ingin memenuhi stadion JIS itu dengan beragam elemen masyarakat. Karena memang selama ini pasangan 01 identik dengan perubahan, gerakan rakyat,” tuturnya kemarin.

Sementara itu, pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan menggelar kampanye akbar terakhir di Solo dan Semarang, Jawa Tengah, pada 10 Februari. Pendukung, kader partai, relawan, dan masyarakat umum akan meramaikan kampanye pemungkas tersebut. Selain Ganjar-Mahfud, para ketua umum partai politik pengusung, yakni Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Mardiono (PPP), Hary Tanoesoedibjo (Partai Perindo), dan Oesman Sapta Odang alias OSO (Partai Hanura), akan hadir.

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid menjelaskan, Solo dan Semarang menjadi tempat kampanye terakhir karena Jawa Tengah memang menjadi target utama pada Pilpres 2024. ”Jawa Tengah menjadi target pemenangan kami,” ungkapnya.

Mahfud MD mengatakan, setiap kampanye Ganjar-Mahfud selalu dipadati masyarakat.

Mahfud heran jika ada hasil survei yang menempatkan elektabilitasnya bersama Ganjar di bawah paslon yang lain. Menurut dia, semua hasil survei akan meleset. ”Saya meyakini bahwa survei yang diumumkan sampai saat ini akan meleset. Kita buktikan nanti tanggal 14 Februari,” tegasnya.

Di bagian lain, seiring akan berakhirnya masa kampanye, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mulai mempersiapkan strategi menghadapi masa tenang yang berpotensi menjadi pertarungan terakhir sebelum pemungutan suara. Masa tenang berlangsung tiga hari pada 11–13 Februari.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan, salah satu persiapan yang dilakukan adalah meningkatkan patroli. Bentuk pelanggaran yang berpotensi terjadi, antara lain, money politics atau membeli suara pemilih dengan uang. Selain patroli oleh pengawas pemilu, upaya pencegahan dilakukan dengan edukasi mengajak stakeholder yang ada seperti tokoh masyarakat dan tokoh adat. ”Untuk menghalangi politik uang yang terjadi,” ujarnya.

Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty menambahkan, selain politik uang, kerawanan lain adalah kampanye di luar jadwal hingga publikasi survei. (far/tyo/lum/c9/fal)

---

KAMPANYE AKBAR TERAKHIR

10 Februari 2024

Anies-Muhaimin
  • Lokasi : Jakarta International Stadium (JIS)
  • Waktu : 07.00–12.00 WIB
  • Estimasi massa : 2–3 juta orang
  • Tokoh : Pimpinan parpol Koalisi Perubahan dan Timnas Amin
Prabowo-Gibran
  • Lokasi : Gelora Bung Karno Jakarta
  • Waktu : 14.00–18.00 WIB
  • Estimasi massa : 500 ribu orang
  • Tokoh : Ketua umum partai koalisi, tokoh agama/adat/nasional pendukung Prabowo-Gibran, dan Presiden Ke-6 RI SBY
Ganjar-Mahfud
  • Lokasi : Benteng Vastenburg, Surakarta, dan Lapangan Simpang Lima, Semarang
  • Waktu : 06.00–12.00 (Surakarta), 13.00–16.00 (Semarang)
  • Estimasi massa : 100 ribu (Surakarta) dan 130 ribu (Semarang)
  • Tokoh : Pimpinan parpol koalisi Ganjar-Mahfud dan TPN
Diolah dari berbagai sumber

Sumber: jawapos
Foto: Capres-Cawapres 2024/Net
3 Capres-Cawapres Unjuk Kekuatan di Kampanye Penutup, Anies dan Prabowo di Jakarta, Ganjar di Jateng 3 Capres-Cawapres Unjuk Kekuatan di Kampanye Penutup, Anies dan Prabowo di Jakarta, Ganjar di Jateng Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar