Breaking News

Tuding Kabinet Mulai Retak, PSI Minta Hasto Tak Memperkeruh Situasi Politik


Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyarankan Sekretaris Jendral (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto untuk tidak terlalu mudah menduga-duga, termasuk perihal Kabinet Indonesia Maju (KIM).

"Ada baiknya Mas Hasto tidak terlalu mudah menduga-duga. Tidak etis. Tidak baik melempar dugaan-dugaan yang memperkeruh suasana politik. Kita perlu menjaga proses demokrasi agar berlangsung meriah, sopan dan santuy, jauh dari dugaan dan fitnah yang memecah-belah," kata Sekjen DPP PSI, Raja Juli Antoni dalam keterangannya,Rabu (31/1/202)

Ia mengatakan, dirinya berkomunikasi dengan anggota kabinet hampir setiap hari dan menyatakan bahwa jajaran kabinet masih setia bersama Jokowi.

"Semua bekerja dengan giat, tekun, dan sepenuh hati membantu Pak Presiden Jokowi yang diberi mandat oleh rakyat," imbuhnya.

Raja menyadari, masing-masing menteri tentu punya afiliasi dan prefensi politik. Menurut dia, hal itu sah-sah saja bahkan dijamin oleh konstitusi sebagai hak dasar warga negara.

"Namun saya melihat perbedaan pandangan dan nuansa politik tidak membuat kabinet terfragmentasi. Para anggota KIM adalah orang-orang yang berpendidikan dan dewasa, sangat mampu meletakkan kepentingan publik di atas kepentingan personal dan partai politik," tegas Raja.

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto terjadi fragmentasi atau perpecahan di jajaran menteri kabinet Indonesia Maju. Hasto menyebut fragmentasi itu dipicu oleh pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal presiden boleh berpihak dan ikut berkampanye.

Hasto awalnya menyebut fragmentasi di tubuh kabinet Jokowi kian kuat sehingga suasana di kabinet tak lagi kondusif. Dugaan itu, kata dia, semakin diperkuat oleh testimoni Menteri Sosial yang juga kader PDIP Tri Rismaharini atau Risma.

“Fragmentasi di dalam jajaran menteri. Karena apa, Pak Jokowi sendiri sudah menyatakan berpihak. Sehingga terjadi fragmentasi yang jauh lebih kuat sehingga tidak kondusif. Yang ketiga juga testimoni termasuk dari Bu Risma sekarang mau rapat aja diperiksa semuanya,” kata Hasto di Media Center TPN Gankar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024).

Risma, sebut Hasto, mengatakan pemeriksaan terhadap menteri diperketat ketika hendak mengikuti rapat. Hasto meyakini saat ini tumbuh rasa kekhawatiran kepada menteri sendiri karena pemeriksaan berlebihan.

Sumber: inilah
Foto: Sekjen PSI Raja Juli Antoni bersama dengan Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep dan Anggota Dewan Pembina Giring Ganesha. (Foto:Inilah.com/ClaraAnna)
Tuding Kabinet Mulai Retak, PSI Minta Hasto Tak Memperkeruh Situasi Politik Tuding Kabinet Mulai Retak, PSI Minta Hasto Tak Memperkeruh Situasi Politik Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar