Breaking News

Tentara Zionis Bombardir Dua Rumah Sakit Tempat 64.000 Warga Palestina Berlindung


Pertempuran antara Hamas dengan tentara zionis Yahudi terjadi pada Senin (30/10/2023) pagi.

Dua rumah sakit yaitu RS Shifa dan RS Al-Quds di Gaza dilaporkan dihantam artileri invader Israel.

Padahal di dua rumah sakit tersebut ada sekitar 64.000 warga berlindung.

Al Arabiya melaporkan, tentara Yahudi yang didukung oleh tank menekan wilayah tersebut dengan serangan darat yang memicu meningkatnya seruan internasional untuk melindungi warga sipil.

Militan Palestina bentrok dengan pasukan Israel di daerah perbatasan di sebelah timur kota Khan Younis, di selatan daerah kantong tersebut, media Palestina melaporkan.

Tidak ada komentar dari Hamas atau militer Israel mengenai pertempuran Senin pagi itu. Reuters tidak dapat mengkonfirmasi laporan tersebut.

Pengeboman tersebut terjadi beberapa jam setelah Israel merilis gambar tank tempur di pantai barat daerah kantong Palestina, yang menandakan adanya upaya potensial untuk mengepung kota utama Gaza dua hari setelah pemerintah Israel memerintahkan perluasan serangan darat melintasi perbatasan timurnya.

Beberapa gambar yang diposting online juga menunjukkan tentara Israel mengibarkan bendera Israel jauh di dalam Gaza. Reuters tidak dapat memverifikasi gambar tersebut.

Israel menyatakan diri sebagai “fase kedua” dari perang tiga minggu melawan militan Hamas yang didukung Iran, sebagian besar tidak terlihat oleh publik, karena pasukan bergerak dalam kegelapan dan pemadaman telekomunikasi memutus akses warga Palestina.

Pemutusan sambungan telepon dan internet tampaknya mereda pada hari Minggu, namun penyedia telekomunikasi Paltel mengatakan bahwa serangan udara Israel kembali melumpuhkan layanan internet dan telepon di bagian utara wilayah kantong tersebut, tempat pusat komando Hamas berada.

Pemadaman listrik ini sangat menghambat operasi penyelamatan korban serangan Israel.

Laporan mengenai serangan di dekat rumah sakit terjadi setelah Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka telah menerima peringatan dari otoritas Israel untuk segera mengevakuasi rumah sakit al-Quds, tempat sekitar 14.000 orang mencari perlindungan.

Israel menuduh Hamas menempatkan pusat komando dan infrastruktur militer lainnya di rumah sakit Gaza, namun hal ini dibantah oleh kelompok tersebut.

Pejabat Palestina mengatakan sekitar 50.000 orang juga berlindung di Rumah Sakit Shifa, dan menambahkan bahwa mereka khawatir dengan ancaman Israel yang terus berlanjut terhadap fasilitas tersebut.

Israel telah memperketat blokade dan membombardir Gaza sejak kelompok bersenjata Hamas menyerbu melintasi perbatasan ke Israel pada 7 Oktober.

Pihak berwenang Israel mengatakan para militan membunuh sekitar 1.400 orang dan menyandera sedikitnya 239 orang.

Jeda Kemanusiaan

Peningkatan serangan yang dilakukan Israel bertepatan dengan meningkatnya kecaman internasional atas “jeda kemanusiaan” untuk mengizinkan bantuan masuk.

Perundingan yang dimediasi Qatar antara Israel dan Hamas berlanjut pada hari Minggu, sebuah sumber yang menjelaskan tentang perundingan tersebut mengatakan kepada Reuters, dan termasuk diskusi tentang kemungkinan pembebasan sandera.

Hamas menginginkan jeda kemanusiaan selama lima hari dalam operasi Israel untuk memungkinkan bantuan dan bahan bakar masuk ke Jalur Gaza yang terkepung sebagai imbalan atas pembebasan semua sandera sipil yang ditahan oleh militan, kata sumber tersebut, yang berbicara tanpa menyebut nama.

Lebih dari separuh sandera yang ditahan oleh Hamas memiliki paspor asing dari 25 negara, termasuk 54 warga negara Thailand, menurut pemerintah Israel.

Pada hari Senin, Dewan Keamanan PBB akan diberi pengarahan mengenai situasi kemanusiaan di Gaza.

Badan beranggotakan 15 negara tersebut telah gagal melakukan pemungutan suara sebanyak empat kali dalam dua minggu terakhir mengenai rancangan resolusi yang bertujuan untuk mengambil tindakan terhadap perang tersebut, namun Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 negara memberikan suara mayoritas pada hari Jumat untuk menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera.

Presiden AS Joe Biden pada Minggu mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk menyerukan perlindungan warga sipil di Gaza dan “segera dan secara signifikan meningkatkan aliran bantuan kemanusiaan” ke wilayah pesisir yang terkepung, kata Gedung Putih.

Biden dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi berkomitmen untuk mempercepat aliran bantuan secara signifikan ke Gaza mulai Minggu, Gedung Putih menyatakan secara terpisah.

Kolonel Elad Goren dari COGAT, lembaga Kementerian Pertahanan Israel yang berkoordinasi dengan Palestina, mengatakan Israel akan mengizinkan peningkatan besar bantuan ke Gaza dalam beberapa hari mendatang dan warga sipil Palestina harus menuju ke “zona kemanusiaan” di selatan wilayah kecil tersebut.

Otoritas medis di Jalur Gaza, yang memiliki populasi 2,3 juta orang, mengatakan pada hari Minggu bahwa 8.005 orang – termasuk 3.324 anak di bawah umur – telah terbunuh.

Sumber: tribunnews
Foto: Anggota Brigade Ezz-Al Din Al-Qassam, sayap bersenjata gerakan Hamas Palestina, berparade di Rafah di selatan Jalur Gaza pada 28 Mei 2021. (SAID KHATIB / AFP)/AFP/SAID KHATIB
Tentara Zionis Bombardir Dua Rumah Sakit Tempat 64.000 Warga Palestina Berlindung Tentara Zionis Bombardir Dua Rumah Sakit Tempat 64.000 Warga Palestina Berlindung Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar