Breaking News

Kecam Serangan Israel Terhadap Palestina, Presiden Jokowi: Indonesia Sangat Marah


Situasi di Gaza Palestina yang kian memprihatikan imbas serangan yang terus dilancarkan pihak Israel kini tengah jadi perhatian dunia, termasuk Indonesia.

Melalui pernyataan dari Presiden Jokowi, Indonesia secara tegas menyampaikan sikap terhadap situasi Gaza, Palestina.

Disampaikan oleh Presiden Jokowi bahwa Indonesia sangata marah atas memburuknya situasi di Gaza, Palestina imbas gempuran Israel.

"Indonesia sangat marah terhadap memburuknya situasi di Gaza, terutama situasi kemanusiaan," kata Presiden Jokowi, dikutip dari YouTube Kompas TV, Senin, 30 Oktober 2023.

Jokowi juga menegaskan bahwa Indonesia mengecam keras atas serangan acak terhadap Gaza, Palestina yang terjadi.

Baik itu serangan terhadap warga sipil maupun fasilitas umum yang ada di Gaza, Palestina.

"Dan posisi Indonesia sangat jelas dan tegas, mengutuk keras serangan acak terhadap masyarakat sipil dan fasilitas sipil di Gaza," tegas Presiden Jokowi.

Dengan tegas, Jokowi juga menyerukan kekerasan yang dilancarkan oleh Istrael terhadap masyarakat Gaza, Palestina harus segera dihentikan.

"Kekerasan harus dihentikan, gencatan senjata harus terus diupayakan, bantuan kemanusiaan harus didorong dan dipercepat, diakselerasi," kata Jokowi.

Jokowi memastikan bahwa Indonesia akan terus melakukan komunikasi dengan banyak pihak untuk mengupayakan adanya penyelesaian masalah.

"Indonesia terus melakukan komunikasi dengan banyak pihak utk mengupayakan penyelesaian masalah ini," imbuhnya.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa pemerintah Indonesia akan mengirim bantuan kemanusian untuk masyarakat Palestina.

Baantuan kemanusiaan ini dipastikan akan segera dikirim ke Palestina minggu ini.

"Indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan yang akan disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan rakyat Palestina," ujar Jokowi.

"Dan kloter pertama (bantuan) akan dikirimkan minggu ini," tegasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Israel telah menyatakan perang terhadap Hamas setelah serangan mendadak pada 7 Oktober 2023.

Sejak itu, militer Israel dikabarkan terus menerus menggempur wilayah Gaza, Palestina dengan alasan menyerang Hamas.

Tercatat, lebih dari 8 ribu orang tewas di Gaza, Palestina. Di mana kebanyakan korban adalah anak-anak dan wanita yang merupakan warga sipil. (*)

Sumber: kilat
Foto: Presiden Jokowi (Twitter.com/@jokowi)
Kecam Serangan Israel Terhadap Palestina, Presiden Jokowi: Indonesia Sangat Marah Kecam Serangan Israel Terhadap Palestina, Presiden Jokowi: Indonesia Sangat Marah Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar