Breaking News

PSI Dukung Kaesang Maju di Depok, Pakar Sudah Tebak demi Ciptakan Riak-riak Politik


Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dukung Kaesang Pangarep untuk maju sebagai wali kota Depok. Untuk memuluskan rencana, PSI juga turut meminta dukungan ke ayah Kaesang, Joko Widodo.

Terkait PSI dukung Kaesang maju jadi wali kota Depok, pakar komunikasi politik Karim Suryadi memberikan analisanya.

Menurut dia langkah PSI dukung Kaesang di Depok menjadi satu langkah yang perlu dicermati masak-masak. Diduga ada upaya menciptakan riak-riak politik atas isu majunya Kaesang di Depok.

"Ada pepatah dalam politik, seorang politisi itu harus seperti ikan, dia harus membuat riak agar hidup. Jadi menurut saya, ya layaknya ikan ini sebuah riak yang diciptakan, akan ada gelombang agar-agar udara masuk," kata Karim disitat Sapa Indonesia Malam, Minggu 4 Juni 2023.

Karim sendiri mengaku tak membaca arah dukungan PSI ke Kaesang sebagai sesuatu yang serius. Sebab ada tiga alasan yang dianggap mesti dijawab oleh Kaesang sendiri termasuk PSI.

Kata Karim, siapapun termasuk Kaesang ketika dia setuju untuk dicalonkan maju sebagai wali kota Depok, yang pertama beliau harus mampu membuat peta sosial politik ekonomi wilayah di sana.

"Dan saya yakin itu tidak ada dalam benak Kaesang, sebab dia tidak pernah tinggal di Depok, dia bukan warga Depok, dia tidak mengalami. Dengan kata lain, Depok bukan landscapenya, bukan wilayah nya Kaesang. Wilayah Kaesang adalah di Solo," katanya.

Hal kedua, menurutnya, selain harus menggambarkan tentang peta sosial politik, ekonomi, budaya, serta wilayah kekuasaannya, Kaesang juga disebut harus berani menjawab pertanyaan apa yang akan dia bawa ke dalam jabatannya.

Dalam hal ini berupa pengalaman yang relevan dengan jabatannya.

"Silakan jawab apakah dia punya pengalaman jabatan yang relevan bagi tugasnya sebagai wali kota?"

Dan yang ketiga, apa yang dia cari dengan menduduki jabatan itu diyakini dua per tiga jawaban akan sulit dijabat oleh Kaesang karena dia belum memiliki pengalaman yang memadai untuk menduduki jabatan sebagai wali kota. Termasuk tidak memenuhi modal sosial politik pengetahuan dan lain-lain.

Aksi PSI dukung Kaesang tetapi meminta restu Jokowi juga perlu dimaknai secara mendalam. Sebab sikap ini menegaskan bahwa patronase politik di Indonesia makin kental dan secara tidak sadar menunjukkan bahwa kekuatan politik Kaesang itu ada pada ayahnya.

Kalau sudah begitu, dia menilai proses demokrasi tak akan sehat. Sebab berkah demokrasi, kata dia, adalah jaminan kesamaan di dalam kesempatan.

"Dengan begitu ini menjelaskan bahwa dalam kerangka ini, kekuatan atau modal PSI mencari perhatian terhadap Joko Widodo."

"Demokrasi tidak sehat ketika mekanisme didasarkan atas pertalian darah, sebab berkah demokrasi itu adalah jaminan kesamaan di dalam kesempatan. Dan kalau jaminan kesamaan di dalam kesempatan itu disederhanakan menjadi hubungan darah, silsilah, dan golongan darah, mati demokrasi kita," kata Karim soal PSI dukung Kaesang.

Sumber: poskota
Foto: PSI dukung Kaesang maju wali kota Depok. Foto: Kolase/Ist.
PSI Dukung Kaesang Maju di Depok, Pakar Sudah Tebak demi Ciptakan Riak-riak Politik PSI Dukung Kaesang Maju di Depok, Pakar Sudah Tebak demi Ciptakan Riak-riak Politik Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar