Breaking News

Luhut Lapor Jokowi, Proyek IKN Pakai Pengawas Bule Biar Kualitasnya Bagus


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan pemerintah tengah bergelut dengan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk mengejar target di 17 Agustus 2024 bisa melaksanakan upacara di sana.

Sebagai ketua percepatan investasi di IKN Nusantara, Luhut menyebut beberapa isu yang sedang diperbaiki pemerintah yakni skema insentif dan model bisnis, rencana pengembangan kawasan, dan status tanah.

Dia berharap penyelesaian beberapa isu tersebut bisa rampung setidaknya di 27 Juli 2023. Hal ini agar masuknya para investor ke proyek ibu kota negara hijau pertama di dunia tersebut tidak lagi terhambat.

"Tapi kualitas kerja menjadi kunci. Oleh karena itu, saya lapor Pak Presiden, pengawas kita terpaksa dengan segala hormat pakai bule-bule untuk menjadi kualitas. Jadi jangan Istana Presiden itu jadi, tapi kualitasnya tidak bagus," ungkapnya saat rapat dengan Badan Anggaran DPR, Jumat (9/6).

Luhut melanjutkan, dia juga sudah melaporkan kepada Presiden Jokowi beberapa proyek yang akan dikembangkan dan bisa menarik investor. Selain itu, masalah harga tanah di IKN Nusantara akan diubah setiap 6 bulan.

"Oleh karena itu, valuasi tanah ini segera kita minta appraisal untuk menghitung dan setiap 6 bulan harga tanah akan berubah karena infrastruktur yang dibangun berkembang sehingga mereka harus sesuaikan dengan itu," jelas dia.

Dia mengungkapkan beberapa investor yang sudah resmi melirik IKN yakni mulai dari Abu Dhabi melalui Indonesia Investment Authority (INA), Singapura, Shenzhen China, dan negara-negara Timur Tengah lainnya.

"Kemarin saya ke Shenzhen mereka minta segera masuk dan saya katakan Anda bisa mulai melihat daerah ini, yang tanah pertama 6700 hektar kita prioritaskan," kata Luhut.

Sumber: kumparan
Foto; Presiden Jokowi didampingi Menko Marves Luhut Pandjaitan beserta Gubernur Bali I Wayan Koster setibanya di Bali,  Senin (13/3/2023). Foto: Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden
Luhut Lapor Jokowi, Proyek IKN Pakai Pengawas Bule Biar Kualitasnya Bagus Luhut Lapor Jokowi, Proyek IKN Pakai Pengawas Bule Biar Kualitasnya Bagus Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

1 komentar:

  1. Apa tidak ada yang berkualitas lagi SDM kita sangat di sayangkan.

    BalasHapus